Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Raja Yang Iri Hati & Gajah Putih

gajah-putih Pada zaman dahulu kala, negeri ada seorang raja yang memelihara beberapa ekor gajah. Diantara kelompok gajah itu, ada seekor yang bentuknya sangat unik, seluruh tubuhnya putih bersih, bulunya halus dan licin mengkilap Belakangan, raja menyerahkan gajah itu pada seorang pelatih gajah untuk dipelihara.

Pelatih gajah itu tidak hanya memperhatikan kehidupan sehari-hari gajah tersebut, juga sangat tekun melatihnya. Gajah putih ini sangat cerdas, mengetahui maksud baik orang, dan setelah beberapa waktu berlalu,. Mereka telah membentuk suatu hubungan baik yang tak terucap.

Pada suatu hari, negeri itu mengadakan sebuah upacara perayaan yang meriah. Raja bermaksud menunggangi gajah putih pergi menghadiri perayaan itu, karenanya si pelatih gajah membersihkan sang gajah putih, menghiasnya sejenak, dan setelah menyandangkan selembar selimut di punggungnya, baru menyerahkan pada raja.

Di bawah dampingan sejumlah pejabat, raja menunggangi gajah putih pergi ke kota kabupaten menyaksikan upacara perayaan. Oleh karena sang gajah putih itu benar-benar sangat bagus, orang-orang mengelilinginya, sembari berdecak kagum sambil berseru nyaring : Raja gajah!raja gajah dan disaat itu, raja yang menunggang diatas punggung gajah, merasa semua kemeriahan dan semaraknya telah direbut oleh gajah putih itu, dalam hatinya benar-benar merasa sangat tidak senang, dan iri. Dan setelah dengan cepat mengelilingi satu putaran, lantas dengan perasaan tidak gembira ia kembali ke istana.

Begitu masuk ke dalam istana, ia bertanya pada pelatih gajah “Gajah putih itu, apakah mempunyai teknik seni yang spesial ? “ si pelatih gajah bertanya pada raja : “ Saya tidak tahu dari segi mana yang dimaksud baginda ?” Raja berkata : “Apakah ia bisa mempertunjukkan teknik seninya di ujung lereng yang terjal ?” lalu kata si pelatih gajah : “Semestinya bisa.” Raja lantas berkata : “Baik. Kalau begitu, besok memintanya untuk mempertunjukkan teknik seninya di lereng terjal.”

Pada hari kedua, dengan berdasarkan perjanjian pelatih gajah membawa gajah putih ke luar lereng terjal disana. Raja berkata : “Apakah gajah putih ini bisa berdiri di ujung lereng dengan 3 kaki?” Pelatih gajah mengatakan : “Ini gampang saja.” Ia naik ke atas punggung gajah, dan berkata pada gajah putih : “Ayo, berdiri dengan 3 kaki.” Dan ternyata, gajah putih lantas segera mengerutkan satu kakinya.

Kemudian raja berkata lagi : “Apakah ia bisa menggelantungkan kedua kakinya ke atas, dan hanya berdiri dengan dua kaki?” “Bisa” si pelatih gajah lalu menyuruhnya mengkerutkan ke dua kakinya, dan dengan patuh gajah putih mengikuti perintah si pelatih. Selanjutnya raja berkata lagi : “Apakah ia bisa menggelantungkan ke tiga kakinya ke atas, dan hanya berdiri dengan satu kaki ?”

Begitu mendengar perkatan Raja, si pelatih tahu bahwasannya raja sengaja ingin memojokkan gajah putih, lantas berkata pada gajah putih : “Kali ini kamu harus hati-hati, kerutkan ketiga kaki, dan berdiri dengan satu kaki.” Sang gajah putih dengan ekstra hati-hati melaksanakannya. Mengetahui permintaan raja yang demikian, Massa yang mengelilingi menyaksikan, dengan antusias memberikan semangat dan bersorak-sorak pada gajah putih! Semakin melihat, dalam hati raja semakin tidak senang, lalu berkata pada pelatih gajah : “Apakah ia juga bisa mengerutkan kaki belakangnya, dan menggelantungkan seluruh tubunya keatas ?”

Di saat itu, secara diam-diam si pelatih gajah berkata pada gajah putih : Raja sengaja ingin membunuhmu. Karena ia tidak  bermoral, kita bisa sangat riskan berada disini. Kamu bisa kan membubung kelangit terbang ke lereng seberang sana? Dan secara tak terbayangkan, diluar dugaan sang gajah putih itu benar-benar menggelantungkan kaki belakangnya ke atas dan mulai terbang, dengan memboncengi si pelatih gajah melintasi lereng terjal, dan memasuki negeri tetangga.



Mengetahui gajah putih terbang ke sana, rakyat seluruh kota negeri tetangga berseru gembira. Dan dengan sangat gembira raja tetangga bertanya pada si pelatih gajah : Asalmu dari mana ? dan kenapa bisa menunggangi gajah putih datang ke negeri saya ? Kemudian si pelatih gajah menjelaskan seluk-beluk hal, ihwal yang dialaminya dan memberitahu pada raja. Setelah raja mengetahuinya, ia berkeluh mengatakan :

“Manusia, mengapakah harus memperbandingkan dan merasa iri dengan seekor gajah ?”

Sumber : www.erabaru.or.id



Iri hati tidak pernah membawa keberhasilan dalam hidup kita, justru membuat hati kita menjadi dengki dan kotor yang akhirnya akan membawa kehancuran untuk hidup kita sendiri.

"Tetapi pada waktu mereka pulang, ketika Daud kembali sesudah mengalahkan orang Filistin itu, keluarlah orang-orang perempuan dari segala kota Israel menyongsong raja Saul sambil menyanyi dan menari-nari dengan memukul rebana, dengan bersukaria dan dengan membunyikan gerincing; dan perempuan yang menari-nari itu menyanyi berbalas-balasan, katanya :"Saul mengalahkan beribu-ribu musuh, tetapi Daud berlaksa-laksa." Lalu bangkitlah amarah Saul dengan sangat ; dan perkataan itu menyebalkan hatinya, sebab pikirnya: "Kepada Daud diperhitungkan mereka berlaksa-laksa, tetapi kepadaku diperhitungkannya beribu-ribu ; akhir-akhirnya jabatan raja itupun jatuh kepadanya." Sejak hari itu maka Saul selalu mendengki Daud." (1 Samuel 18 : 6-9)

Comments

No responses to “Raja Yang Iri Hati & Gajah Putih”

Posting Komentar