Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

10 Cara Mengajarkan Nilai Kepada Anak Anda

Dalam masyarakat yang dikendalikan konsumerisme dan nilai-nilai media yang tidak Anda setujui, bagaimana Anda dapat menanamkan nilai-nilai dalam kehidupan anak-anak Anda? Berikut adalah 10 gagasan yang dapat menolong Anda.

1. Ceritakan Kisah Hidup Anda Dan Ajarkan Nilai Hidup Melalui Kisah Tersebut

Anak-anak senang mendengar cerita tentang masa kecil Anda. Tenunan dalam beberapa dilema moral, dan Anda punya peluang besar untuk mengajarkan nilai-nilai kepada mereka. Kisah hidup sangat efektif diceritakan pada saat tidur, ketika hanya ada sedikit ganguan. Mereka tertidur dengan kisah yang masih berputar-putar di kepala mereka.

2. Hidupi Kehidupan Anda Seturut Dengan Nilai-Nilai Yang Anda Ajarkan

Anak-anak belajar dengan meniru, terutama pada usia muda. Mereka sangat mahir dalam melihat keselarasan antara apa yang Anda katakan dan apa yang Anda lakukan. Jangan berikan sinyal yang membingungkan; ikuti nilai-nilai hidup Anda setiap saat.

3. Tanamkan Nilai-Nilai Agama, Iman Dan Spiritualitas Anda

Tampaknya sangat penting untuk membiarkan anak Anda tahu bahwa mereka tidak sendirian. Bimbing Anak Anda sejalan dengan iman dan kepercayaan Anda yang akan menguatkan nilai hidup mereka, dan sebagai orangtua Anda meletakkan pondasi bagi kehidupan mereka kelak.

4. Perhatikan Siapa Lagi Yang Mungkin Mengajarkan Nilai Kepada Anak Anda

Kenali guru, pelatih maupun teman-teman anak Anda. Siapapun yang menghabiskan waktu dengan anak Anda mungkin dapat mempengaruhi mereka. Kenali nilai dan kepercayaan mereka juga.

5. Tanyakan pertanyaan kepada Anak yang Dapat merangsang Dialog mengenai Nilai Hidup

Memberitahu anak Anda nilai seperti apa yang harus mereka miliki tidaklah terlalu efektif, terutama ketika anak Anda beranjak dewasa. Tanyakan kepada mereka pertanyaan yang membuat mereka ‘penasaran’ yang akan diikuti dengan diskusi yang mengarah pada nilai. “Apa yang kamu pikirkan mengenai perkelahian itu?” akan menjadi jauh lebih efektif daripada Anda mengatakan, “Dia seharusnya tidak memulai perkelahian itu!”

6. Bicarakan Nilai Kepada Mereka Dengan Cara Yang santai Dan Mudah

Tidak ada yang dapat mengubah anak-anak Anda lebih daripada mengajarkan nilai kepada mereka setelah mereka membuat kekacauan! Bicara kepada mereka saat semuanya sedang santai, dan lakukan secara terbuka. Hindari menggunakan “nada menggurui” yang hanya membuat anak Anda ingin berlari ke pintu.

7. Batasi Pengaruh Televisi Dan Video Game

Salah satu cara untuk mengajarkan nilai-nilai kepada anak-anak Anda adalah dengan menunjukkan kepada mereka apa yang Anda hindari. Perusahaan-perusahaan akan menghabiskan jutaan rupiah untuk menayangkan iklan dan mencoba menyakinkan anak-anak Anda bahwa mereka akan merasa lebih baik jika mereka mengenakan pakaian yang tepat, dll. Jika Anda ingin menunjukkan kepada mereka ada cara yang lebih berharga untuk menghabiskan waktu Anda, batasi diri Anda juga untuk menonton televisi.

8. Libatkan Anak Anda Dalam Membantu Orang Lain

Anak-anak mempelajari nilai ketika mereka mengalaminya. Biarkan mereka memiliki pengalaman untuk membantu orang lain dengan menyumbangkan sebagian uang jajan mereka kepada yang membutuhkan, atau terlibat dalam kegiatan amal. Saat anak Anda melihat apa yang terjadi saat mereka melakukannya, sebuah nilai penting akan dibentuk untuk seumur hidup mereka.

9. Miliki Percakapan Mengenai Nilai Yang Sering Dalam Rumah tangga Anda

Jangan membuat kesalahan dengan hanya membicarakan nilai ketika ada yang salah. Anak Anda perlu mendengar nilai Anda yang selalu tercermin dalam percakapan Anda. Ini merupakan cara lain bagi mereka untuk mengetahui bahwa hal itu penting.

10. Miliki Harapan Tinggi Untuk Sistem Nilai Anak Anda

Anak Anda cenderung naik ke tingkat harapan Anda. Sistem nilai mereka seringkali mencerminkan sistem niai Anda, sepanjang Anda terus mengharapkan mereka untuk menjadikannya sebagai bagian penting dari kehidupan mereka. Saat anak Anda membuat sebuah keputusan, minta mereka untuk mempertimbangkan apakah keputusan mereka sejalan dengan sistem nilai mereka sendiri.

Sumber : saidaonline/jawaban.com

Comments

No responses to “10 Cara Mengajarkan Nilai Kepada Anak Anda”

Poskan Komentar