Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Jangan Anggap remeh waktu Pribadi Bersama Remaja Anda

Remaja membutuhkan orangtua mereka untuk merasakan kasih sayang yang murni. Orantua masih menjadi pribadi yang signifikan dan mendasar bagi kehidupan mereka, dan anak remaja masih membutuhkan sumber kasih sayang dan dukungan dalam kehidupan mereka, terutama dengan perubahan yang mereka alami. Namun, saat anak kita beranjak menjadi seorang remaja, seringkali kita malah kehilangan koneksi dengan mereka, koneksi yang telah kita bangun saat mereka masih anak-anak.

Beberapa orangtua merasa ‘berkabung’ secara mendalam atas hilangnya hubungan ini, namun sebenarnya Anda tidak ‘kehilangan’ anak remaja Anda. Jauh di dalam hatinya ia masihlah anak kecil yang Anda kenal, namun saat ini ia sedang kembali mempelajari kehidupan dan dunia. Ia sedang membangun identitas dan individualitasnya sendiri, terpisah dari orangtuanya.

Sebuah cara yang sangat ampuh untuk membangun hubungan dan mendapatkan kembali anak remaja Anda adalah dengan menyediakan ‘waktu spesial’, waktu pribadi bersamanya. Hal ini mungkin berupa waktu khusus hanya antara Anda dengannya, tanpa saudaranya yang lain maupun anggota keluarga lain bersama dengan Anda. Perlakuan ini bisa berupa pergi keluar seharian bersamanya, makan di luar, atau kegiatan lainnya. Berikut adalah beberapa point terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjalani hal ini:

1. Saat mengatur waktu khusus ini, sangat penting bagi Anda untuk menepati janji Anda. Setelah janji dibuat dan tanggal telah ditetapkan, Anda harus menepatinya. Melanggar janji benar-benar dapat merusak kepercayaan anak Anda atas Anda dan ia mungkin dapat menafsirkan hal ini bahwa waktu khusus ternyata tidaklah penting bagi ayah atau ibunya, atau bahwa Anda tidak benar-benar ingin melakukannya. Jadi saat mengatur waktu khusus ini, pastikan bahwa waktu yang Anda tetapkan sangat realistis dan dapat ditepati sehingga memperkecil kemungkinan timbulnya masalah yang membuat Anda kesulitan menepati janji.

2. Tunjukkan pada anak remaja Anda bahwa Anda benar-benar ingin menghabiskan waktu bersamanya. Pastikan agar ia melihat hal itu. Kegembiraan Anda menantikan waktu khusus bersamanya akan memperlihatkan kepadanya betapa berartinya kebersamaan itu bagi Anda.

3. Biarkan anak remaja Anda memilih apa yang akan Anda lakukan bersama-sama. Ini adalah saat ketika anak remaja Anda dapat melakukan apa yang diinginkannya bersama dengan Anda. Ini adalah hari spesial baginya. Ikuti apa yang ia katakan, dan berikan kebebasan kepadanya untuk memilih.

4. Saat keluar bersama, rileks dan nikmati diri Anda sendiri. Berikan diri untuk membebaskan dan mendengarkan anak remaja Anda. Jangan bahas topik yang menyakitkan. Hindari topik yang pernah Anda bawa sebelumnya dan menimbulkan respon yang negatif. Waktu khusus bicara tentang memutuskan hubungan dengan kebiasaan yang lama dan kembali membangun hubungan dengan pribadi nyata yang berada di balik anak remaja Anda.

Di luar waktu khusus ini, anak remaja Anda dapat memperoleh rasa kedekatan dan kepedulian yang akan membangun kepercayaan diri mereka dalam kemampuan mereka untuk berpikir, untuk mengasihi, dan untuk belajar. Anda dapat membangun kenangan yang indah baik bagi Anda maupun bagi anak remaja Anda, kenangan yang akan tersimpan sepanjang hidupnya, dan tentu saja, membangun hubungan yang dekat dengan anak remaja Anda akan sangat bernilai saat ia merasa tidak aman maupun sedang bingung.

Sumber : saidaonline/jawaban.com

Comments

No responses to “Jangan Anggap remeh waktu Pribadi Bersama Remaja Anda”

Poskan Komentar