Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Saat Pacaran Sudah Berlangsung Cukup Lama, Perlukah Menetapkan Deadline?

Saya baru saja mendengar seorang wanita muda yang harus mengakhiri hubungannya dengan kekasih sejak masa kuliah yang telah terjalin selama 10 tahun. Sang wanita hanya ingin menikah namun sang pria belum siap berkomitmen. Saya benar-benar terkejut. Sepuluh tahun!

Saya tahu bahwa apa yang akan saya beritahukan kepada Anda mungkin akan sangat berbahaya bagi banyak wanita, tapi saya harus mengatakannya. Secara pribadi saya mengenal beberapa pasangan yang berpacaran selama lima tahun atau lebih dan akhirnya menikah (dan masih berbahagia dengan pernikahannya). Lalu mengapa fakta ini berbahaya? Karena saya mungkin saja membuat wanita terjebak ke dalam hubungan buntu yang tidak akan pernah mengarah pada pernikahan dan memberikan harapan palsu bahwa mereka juga akan menjadi salah satu dari mereka yang sukses melangkah ke pelaminan setelah menjalin hubungan percintaan yang cukup lama. Bahkan mungkin memotivasi para wanita untuk menjadikannya sebagai alasan dan menggantung mereka selama beberapa tahun atau lebih.

Para wanita, sebelum Anda terlalu bersemangat biarkan saya mengatakan dua hal mengenai kisah-kisah sukses tersebut:

1. Para wanita itu harus melewati neraka selama bertahun-tahun. Saya hanya bisa membayangkan rasa sakit dan frustrasi yang harus mereka alami tahun demi tahun dengan terus menunjukkan betapa mereka mencintai pasangannya dan berharap pada janji-janji untuk melangkah ke jenjang selanjutnya, sementara mereka menyaksikan teman-teman mereka satu demi satu melangkah di altar. Dapatkah Anda menanggung rasa sakit itu, hari demi hari, selama bertahun-tahun?

2. Para wanita tersebut pada akhirnya memberikan pilihan kepada pasangannya: nikahi saya atau kamu akan kehilangan saya. Dan mereka benar-benar serius. Mereka memutuskan hubungan, pergi sementara waktu sampai akhirnya sang pria kembali mengajak bersama, dan mencoba lagi. Tidak lebih. Namun hal ini berhasil.

Pelajarilah hal ini hai para wanita. Jika Anda sedang berada di dalam suatu hubungan dengan seorang pria yang tidak mampu berkomitmen lebih jauh dalam pernikahan, Anda memiliki dua pilihan:

1. Tetap bertahan di sana dan berharap ia akan sadar suatu hari nanti.

2. Putuskan hubungan Anda dengannya.

Jika Anda memilih pilihan nomor satu, Anda akan bergabung dengan ratusan wanita frustrasi dan kecewa yang telah mengambil pilihan yang sama, dan pada akhirnya kembali menemukan diri berkencan dengan bekas luka dan kepahitan, ditambah usia Anda yang lebih tua bersaing dengan mereka yang lebih muda, ceria, dan teman bermain yang asyik. Jika Anda berada di pertengahan 30-an, bertahan di dalam sebuah hubungan yang tidak pasti hanya merupakan bunuh diri baik secara sosial maupun emosi.

Saran saya adalah ambillah pilihan kedua dan putuskan hubungan Anda. Ya, hal itu memang menakutkan. Bagaimana jika ia ternyata tidak kembali kepada Anda? Yah, faktanya jika ia tidak kembali kepada Anda bagaimanapun ia tidak akan menikahi Anda meskipun Anda terus bertahan dalam hubungan tersebut. Bagaimana jika ia hanya membutuhkan lebih banyak waktu? Cukup adil jka Anda menetapkan sebuah kerangka waktu yang wajar untuk Anda. Kecuali pasangan Anda sedang tidak menempuh studi yang membutuhkan waktu lama, seharusnya tidak lebih dari 6 bulan ia sudah dapat membuat komitmen yang jelas untuk menikahi Anda dalam waktu dekat. Jika pernikahan tak kunjung terwujud setelah setahun bertunangan, bagi saya inilah waktunya bagi Anda untuk melangkah pergi dan mengakhiri hubungan Anda. Bertunangan selama bertahun-tahun juga bukan merupakan sebuah solusi. Saya tidak dapat melihat alasan yang baik untuk bertunangan lebih dari beberapa bulan atau selama yang dibutuhkan untuk mempersiapkan pernikahan Anda yang sempurna.

Lalu berapa lama seharusnya sebuah hubungan itu terjalin? Menurut saya lebih dari setahun. Jika Anda tidak mendapatkan kejelasan sampai saat itu, kemungkinannya sangat tinggi bahwa pernikahan itu memang tidak akan pernah terjadi. Dan tentu saja hal ini juga berlaku bagi pria yang berpacaran dengan wanita yang tidak dapat berkomitmen. Jika seorang wanita tidak dapat berkomitmen untuk menikah dengan Anda saat ini, dapat dipastikan ia tidak akan pernah siap.


Sumber : shine/jawaban.com

Comments

No responses to “Saat Pacaran Sudah Berlangsung Cukup Lama, Perlukah Menetapkan Deadline?”

Posting Komentar