Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Jangan Batasi Imajinasi Anak Anda

Anak Anda harus diberi kesempatan untuk berimajinasi lewat bermain atau aktivitas lain karena hal tersebut akan memunculkan potensi-potensi kreatif dalam diri anak Anda. Kemampuan anak Anda untuk berimajinasi akan membuatnya lebih ceria dan bersikap positif dalam menikmati hidupnya sehingga anak Anda dapat mengisi waktunya sendiri tanpa banyak bantuan dari orang lain. Ia tidak mudah bosan, karena selalu ada ide-ide yang memotivasinya untuk berkreasi. Selain itu dengan kemampuan imajinasi yang baik, anak juga akan memiliki rasa humor yang membantunya dalam merelease ketegangan-ketegangan yang dialaminya.

Jadi Anda harus membantu anak Anda untuk meningkatkan imajinasinya dengan cara sebagai berikut :

  1. Beri kesempatan untuk bermain atau melakukan aktivitas lain. Misalnya melalui mainan edukatif (bongkar pasang), arena bermain anak, kegiatan wisata alam, mengunjungi galeri lukisan, menonton film fiksi ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut, disamping dapat menggembirakan hati anak, juga dapat memberi kesempatan pada anak untuk mengekspresikan perasaan-perasaannya, melatih kemampuan bersosialisasi dengan teman bermainnya dan melatih kemampuan berbahasanya.
  2. Jangan bersikap tidak perduli bahkan melecehkan "kehebatan" imajinasi anak Anda. Karena sikap melecehkan atau mentertawakan hanya akan mematikan minat anak untuk berkreasi lewat imajinasinya.
  3. Berikan alat-alat bermain yang diperlukan untuk merangsang daya imajinasi. Misalnya bagi anak yang senang menggambar, berikan peralatan menggambar berupa crayon dan kertas karton besar. Biarkan anak menggunakan bahan-bahan tersebut untuk membuat sendiri gambar yang disukainya sesuai dengan keinginannya.
  4. Jangan bersikap terlalu melindungi atau terlalu mengatur. Berikan kesempatan pada anak Anda untuk berlatih mengembangkan dirinya lepas dari batasan-batasan yang kaku.
  5. Beri kesempatan pada anak Anda untuk mendapatkan pengetahuan dan memperluas wawasannya, melalui buku-buku. Bila anak Anda belum bisa membaca, Anda perlu sering membacakan buku cerita atau mendongeng kepada anak Anda.
  6. Jadilah orangtua yang suka mendengar anak, dan suka merangsang anak untuk bercerita. Misalnya setelah bepergian dengan anak, mintalah anak untuk menceritakan kembali apa yang ia lihat, ia alami dan rasakan.

Anak yang memiliki kemampuan imajinasi yang baik akan dapat mengembangkan berbagai kemampuan positif yang lain. Misalnya ia dapat mengembangkan kemampuan bereksperimen, sehingga timbul keinginan untuk mencipta dan membuat program sendiri atau ketrampilan dalam mengenal, memahami tingkah laku orang lain, ketrampilan berbahasa dan mengarang cerita.

Sumber : perempuan.com/dan/jawaban.com

Comments

No responses to “Jangan Batasi Imajinasi Anak Anda”

Posting Komentar