Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Menghadapi Anak Yang Bossy

Apakah Anda pernah mendapati anak Anda berperilaku suka memerintah? Semua anak pada dasarnya akan seperti itu. Namun jika perilaku tersebut tidak diatasi maka anak Anda mungkin akan mengalami kesulitan saat dia mencari teman baik di sekolah maupun di rumah. Dan hal ini bisa memicu anak melakukan kekerasan agar bisa mendapat perhatian atau bisa diterima. Berikut ini ada beberapa cara untuk mengatasi anak yang suka memerintah terhadap orangtua, teman atau orang yang lebih tua , sebagai berikut :

  1. Jangan memberikan reaksi apapun baik tertawa ataupun memarahinya. Tetaplah tenang dan katakan pada anak Anda untuk mengulangi permintaannya dengan cara yang lebih sopan.
  2. Jangan melakukan apapun untuknya jika anak Anda meminta sesuatu. Dengan demikian anak Anda akan mengerti bahwa dirinya bukanlah bos yang bisa memerintah orang sesuka hatinya, terutama kepada orangtua.
  3. Awasi kegiatan sosial anak Anda dengan bergabung bersama teman-teman dan orangtua lainnya.
  4. Jika anak Anda mau berbagi mainan dengan temannya secara sopan, berilah pujian atas perilaku baiknya tersebut.
  5. Jika anak Anda menunjukkan sikap suka memerintah di depan teman-temannya, maka beritahu dia dengan cara membisikkannya bukan memarahinya.
  6. Jika anak Anda tetap pada sikapnya setelah diperingati, jauhkan dia dari teman-temannya dan katakan bahwa Anda akan membawanya pulang jika anak Anda tidak berperilaku baik.
  7. Mengajak anak Anda bermain permainan yang tidak kompetitif di rumah dan  masuk pada salah satu tim olahraga.
  8. Jika anak Anda ditinggalkan oleh teman-temannya, jangan terlalu bersimpati. Sebaliknya cobalah untuk membantunya mengatasi kelakuan tersebut.
  9. Buatlah anak Anda terbuka terhadap Anda, sehingga Anda bisa mengetahui apa yang menjadi pemicu perilakunya yang suka memerintah tersebut.

Sumber : perempuan.com/dan/jawaban.com

Comments

No responses to “Menghadapi Anak Yang Bossy”

Poskan Komentar