Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Menjadi Orang Tua Yang Baik

Orang tua sangat berperan dalam membangun kepribadian seorang anak. Namun ini bukanlah hal yang mudah, diperlukan kesiapan, kesabaran, ketelatenan, kepekaan dan kecerdikan. Karena tidak ada rumus tertentu untuk menjadi orang tua yang baik maka Anda perlu mencari cara yang paling tepat untuk anak Anda sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangan anak Anda.

Peran sebagai orangtua dimulai ketika anak hadir di tengah kehidupan pasangan suami istri. Menurut seorang pakar parenting Marc H. Bornstein (1998),  ada beberapa inti dari peran orangtua yang diidentifikasikan secara langsung mempengaruhi kehidupan anak-anak, sebagai berikut :

  1. Nurturant caregiving. Sebagai orangtua, Anda bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan biologis, fisik dan kesehatan anak.
  2. Material caregiving. Andalah yang mengatur dan memenuhi kebutuhan anak, seperti rumah dan lingkungan sekitarnya termasuk alat permainan, buku-buku, keselamatan dan kebebasan fisik.
  3. Social caregiving. Anda harus memenuhi kebutuhan emosional dan interpersonal anak, seperti diantaranya mencium, membelai, berbicara, bermain, mendengarkan anak, menyampaikan pujian dan memberikan kedekatan emosional pada anak.
  4. Didactic caregiving. Anda harus mendorong anak Anda untuk mengerti dan terlibat dengan lingkungannya.

Di tengah kesibukan kerja Anda luangkanlah waktu dengan anak. Sungguh tidak adil bagi anak Anda kalau Anda lebih mencintai pekerjaan Anda dibanding dengan dirinya. Pertumbuhan kepribadian anak Anda sangat bergantung dengan bagaimana cara Anda membesarkan mereka.

Sumber : perempuan.com/dan/jawaban.com

Comments

No responses to “Menjadi Orang Tua Yang Baik”

Poskan Komentar