Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Heart of Parenting

Ada cakupan yang sangat luas yang harus disadari orangtua ketika mereka mendidik anak-anak mereka. Terkadang cakupan-cakupan ini diabaikan orangtua. Banyak orangtua yang tampak bahagia mengalihkan daerah ini kepada siapapun yang bertindak sebagai pengasuh utama dari anak mereka, baik ayah atau ibu, kakek atau nenek, ataupun orang lain. Saya percaya pada tema sentral kali ini, yakni ‘heart of parenting’ bagi anak-anak yang masih kecil harus ada di dalam setiap daerah pengasuhan anak-anak Anda.

Jadi, jika Anda adalah orangtua yang mengalihkan tanggungjawab pengasuhan kepada orang lain, apakah Anda dapat memikirkannya kembali?

Mengasuh anak-anak memang sangat melelahkan, namun saat-saat berharga ini akan berlalu dengan sangat cepat. Tahun-tahun ini akan berlalu sebelum Anda menyadari keberadaan Anda sebagai orangtua sepenuhnya. Anak-anak, sebagaimana orangtua, memerlukan tahun-tahun awal dalam kehidupan mereka untuk membentuk ikatan yang abadi dan mendalam.

Ini adalah sebuah petunjuk kuat yang saya berikan kepada Anda hari ini. Tahun-tahun awal ini adalah tameng pengasuhan bagi anak Anda karena anak-anak membutuhkan manajemen, pengawasan dan kematangan.

Tujuan utama dalam mengasuh anak-anak dapat dikelompokkan menjadi dua bagian umum, keamanan dan perkembangan. Keduanya dapat dijelaskan secara umum. Keamanan – pastikan pada kondisi rumah Anda, kendaraan Anda, dan sejauh mana Anda memiliki kontrol dimanapun Anda menempatkan buah hati Anda. Selanjutnya, susun rencana yang fleksibel untuk mendukung perkembangan anak Anda pada tahun-tahun awal kehidupannya, tahun-tahun sekolahnya, masa remajanya, dan ketika ia beranjak dewasa. Anda tidak akan pernah berhenti menjadi orangtua.

Ruang lingkup dengan tujuan yang lebih besar adalah membantu anak Anda berkembang dengan sehat, memiliki informasi yang baik, penuh kasih sayang, dan menjadi pribadi yang kompeten. Dua ketrampilan pengasuhan terbaik yang dapat Anda miliki adalah kesabaran dankehadiran. Milikilah kedua ketrampilan tersebut.

Luangkan waktu bersama dengan anak Anda sebanyak mungkin. Membereskan rumah bisa menunggu, piring kotor pun bisa menunggu. Luangkan waktu untuk bermain, observasi, dan juga bercakap-cakap. Baik Anda maupun anak Anda membutuhkan interaksi ini. Segala sesuatu berkembang melalui hubungan. Tema sentral yang disajikan di sini adalah hubungan yang dekat dan keterkaitan. Berusahalah untuk benar-benar ‘mengenal’ anak Anda sebelum mereka harus menghabiskan waktu di sekolah, dan waktu yang Anda miliki sebenarnya sangat singkat.

Sadarilah bahwa kehadiran Anda dalam mengasuh sang buah hati adalah kunci dari segalanya. Luangkan waktu bersama dengan anak Anda, tak peduli seberapa singkat waktu itu. Seperti pepatah yang mengatakan bukan kuantitas yang perlu diperhitungkan tapi kualitas.

Perhatikan anak Anda ketika mereka sedang menghibur diri dalam melalui hari-hari mereka. Jadilah orangtua yang awas. Lihat bagaimana mereka bertingkah di tengah-tengah teman sebaya atau teman bermainnya. Bagaimana mereka menjawab tantangan, masalah-masalah kecil yang mereka hadapi, seperti saat bermain di atas bangku. Bersikap aktiflah dalam kehidupan mereka. Pernahkah Anda memperhatikan bahwa kadang-kadang anak kecil akan melirik kembali kepada Anda?

Dengan memperhatikan bagaimana anak Anda berfungsi dalam lingkungannya, Anda akan merumuskan ide-ide tentang bagaimana anak Anda berpikir dan memecahkan masalah. Perhatikan bakat dan kemampuan anak Anda yang dapat Anda dukung dan tumbuhkan lebih lagi.

Tampaknya semua ketrampilan pengasuhan lainnya dibangun di atas dasar seni kesabaran. Anak kecil, pada kenyataannya semua anak-anak, secara teratur memiliki tekhnik mereka sendiri untuk menghabiskan kesabaran Anda, terutama jika Anda baru saja menjadi orangtua. Jangan biarkan hal itu menimpa Anda. Bagaimanapun juga mereka menjadi anak-anak tanpa usaha, bukan? Lanjutkan pengasuhan Anda dengan mengawasi dan mendapatkan kebijaksanaan. Pada akhirnya, Anda akan berubah menjadi orangtua yang ‘paling baik’ yang pernah ada. Jika pertumbuhan Anda sebagai orangtua diperburuk dengan teriakan-teriakan kepada buah hati Anda, mereka tidak akan menjadi lebih baik, dan Anda akan kehilangan kesempatan untuk membantu menumbuhkan karunia yang telah Tuhan berikan dalam hidup mereka.

Mengasuh anak kecil bisa benar-benar mudah dan menyenangkan sepanjang Anda memahami prinsip-prinsip, dan memulainya dengan dasar-dasar yang benar. Jadi, kehadirankesabarandan perencanaan adalah bangunan pengasuhan bagi anak-anak Anda di usia emas mereka.

Sumber : saidaonline/jawaban.com

Comments

No responses to “Heart of Parenting”

Poskan Komentar