Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Menghindari Pencurian Identitas

Milik anda yang paling berharga mungkin dalam resiko. Pencurian identitas- pencurian informasi pribadi untuk mendapatkan kredit atau pinjaman uang atas nama orang lain- masih berlangsung dan semakin mengancam.

Hampir setengah juta orang adalah korban dari kejahatan ini setiap tahunnya, dan banyak dari mereka menghabiskan waktu bertengkar dengan kreditor, bank, institusi keuangan,  dan kepolisian dalam rangka untuk memperbaiki nama baik mereka. Yang lain minta bantuan hukum dengan biaya besar.

Amankan surat-surat anda

Kalau kotak surat anda tidak terkunci, surat anda bisa dengan mudah di mbil, memberi kesempatan kepada pencuri untuk mengetahui nomer account anda dan saldonya, informasi kartu kredit, cek baru dan lain sebagainya. Pikirkan tentang semua informasi pribadi termasuk kebijakan asuransi dan berbagai macam  surat tagihan, termasuk keterangan dokter. Penawaran dari kartu kredit atas nama anda juga bisa menjadi resiko yang signifikan, kalau seseorang mengambilnya.  

Kotak surat di kantor pos atau kotak surat terkunci adalah cara untuk untuk melindungi surat-surat anda. Anda juga memperhatikan untuk selalu menggunakan kotak penampung surat dari kantor pos untuk surat-surat keluar anda – kalau itu pribadi jangan di taruh di kotak surat keluar yang berada di tempat kerja.

Kalau anda tidak menerima tagihan sesuai dengan jadwal waktu biasanya,hubungi perusahaan. Untuk  keamanan lebih terjamin, pertimbangkan untuk membayar tagihan lewat internet atau online,yang punya keuntungan mengurangi penerimaan dan pengiriman surat. Walaupun demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda berbagi informasi online, juga baca teliti untuk melindungi diri.

Lindungi dokumen-dokumen anda

Kabinet penyimpan file yang terkunci dan mesin perobek dokumen bekas adalah hak milik yang tak percuma jaman sekarang. Laci tempat kerja atau file kabinet yang tak terjaga tentang informasi pribadi bisa dijamah oleh orang-orang usil yang bisa memasuki rumah anda  petugas kebersihan,petugas reparasi,pengantar barang dan sejenisnya) termasuk siapa saja yang memaksa masuk kerumah anda.

Simpan semua informasi penting-rekening koran dari bank dan informasi keuangan lainnya, cek, bon, surat asuransi, keterangan dokter, kartu debit yang tidak anda pakai, pasport, kartu tabungan hari tua, akte lahir dan sejenisnya dalam lemari yang terkunci.

Jangan buang rekening koran yang sudah lewat waktu, kartu debet yang kdaluarsa, atau informasi penting lainnya tanpa menghancurkan dengan penghancur dokumen terlebih dahulu. Kantong  sampah yang tergeletak di pinggir jalan akan mengundang pencurian identitas.

Lindungi kartu kredit dan kartu ATM

Kalau anda membawa dompet anda di tas jinjing, anda mengundang pencuri di manapun anda menaruhnya dan menjadi incaran di toko, restoran atau di tempat kerja. Banyak dari kita punya banyak kartu kredit melebihi dari yang kita perlukan dan membawa semuanya di dompet setiap hari. Adalah bijak kalau mengurangi jumlah kartu atas nama sendiri dan hanya membawa kartu kredit atau  kartu debit yang anda perlukan saat anda keluar.  

Beberapa hotel melaporkan bahwa pencuri yang masuk kamar hotel hanya mencuri satu kartu dari dompet, membiarkan kartu lain tetap di tempat semula.  Itu berarti korban akan perlu  waktu lebih lama untuk menyadari bahwa telah kecurian, memberikan pencuri waktu lebih lama untuk memakai kartu curian.

Kalau anda mengisi aplikasi kartu kredit, harus secara konsisten bagaimana anda menulis nama dan alamat- harus sama persis dengan kartu-kartu kredit yang lain.

Kalau anda pindah alamat,beritahukan semua kreditor anda jauh sebelumnya kapan harinya akan pindah, jadi tidak akan ada rekenig koran yang terkirim kealamat yang lama. Tutup semua kartu  kredit yang tak terpakai. Hanya mengiris atau memotong tidak cukup. Kalau salah satu kartu anda kdaluarsa dan tidak menerima yang baru, segera hubungi perusahan penerbit kartu.

Untuk menghindari kerugian banyak dari kartu yang tercuri, salin nomer account dan informasi alamat beserta nomer yang bisa di hubungi dari setiap perusahaan pemilik kartu kredit, dan simpan informasi ini di tempat yang aman di rumah. Kalau kartu kreditnya hilang atau tercuri, anda sudah punya nomer yang diperlukan untuk menghubungi perusahaan untuk melaporkan kejadiannya.

Jangan menunggu sampai satu jam pun untuk melaporkan kehilangan kartu. Walaupun kartu aslinya ternyata ditemukan, nomor kartu kredit anda masih bisa disalahgunakan, jadi adalah bijak untuk membaca dengan teliti setiap tagihan kartu kredit dan laporkan setiap tagihan yang tidak anda ketahui.

Anda berhak berdasarkan undang-undang untuk mendapatkan paling tidak tiga kali laporan tagihan setiap tahun – mulailah memanfaatkan jasa ini di situs AnnualCreditReport.com,dan perhatikan jumlah tagihan anda. Anda bisa membagi laporan ini menjadi sekali setiap empat bulan.

Lindungi PIN anda

Nomer PIN anda adalah hadiah terbesar untuk pencuri identitas, jadi mesti dijaga dengan baik, jangan pernah PIN anda ditulis atau tercetak dalam cek pribadi, dan jangan pernah pakai bahkan sebagianpun untuk password. Jangan berikan nomor PIN kepada siapapun kecuali dengan alasan kuat, dan jangan sampai dipakai untuk mengidentifikasi anda kecuali sangat perlu. Jangan pula mengambil bagian dari nomor ATM, KTP maupun SIM untuk menjadi nomor PIN Anda.

Lindungi diri anda online

Sofware anti virus original (bukan bajakan) adalah wajib ada di setiap komputer (bahkan pada komputer Mac), dan anda harus mengaktifkannya dang mengupdatenya secara berkala, untuk menscan virus secara otomatis. Hindari sharing program, karena virus bisa ikut bersama materi yang kita download.

Tetapi saat ini, bahkan proteksi anti virus tidak cukup menjamin informasi yang tersimpan di komputer anda. Anda juga harus selalu mengupdate anti-spyware dan firewall- yakinkan sofware ini dipasang untuk keperluan peringatan dini. Juga update browser penjelajah internet Anda dengan yang versi terbaru (yang telah semakin ditingkatkan keamanannya). Banyak orang suka menunda mengupdate browser mereka karena takut cara-caranya akan berubah, namun sangat penting diingat bahwa biasanya versi terbaru sudah meningkatkan daya keamanannya.

Setel spam bloker pada “high” akan melidungi mailbox anda bebas dari gangguan email-email yang tak jelas, juga dari attachment yang berbahaya. Anda jangan pernah membuka attachment yang tidak pernah anda minta-walaupun dari teman-tanpa sebelumnya menanyakan kepada pengirim, karena beberapa jenis virus bisa  menguasai address book dan bisa menyebarkan dan mengirimkan dirinya sendiri kepada semua orang di address book.

Pasword anda harus terdiri dari campuran angka, simbul, huruf besar dan huruf kecil. Anda mungkin berfikir kalau nama kakek-nenek buyut anda akan susah di jebol, tetapi informasi itu-dan lebih banyak lagi informasi pribadi- bisa didapatkan dari catatan di pemerintahan. Adalah pilihan anda untuk membuat password yang unik dan mengingatnya, menghafalnya dengan baik.

Ketika anda berbelanja online,lihat simbul Trust-e atau Better Business Bureau online seal, yang menunjukkan bahwa penjualnya telah secara independen di audit dan dinyatakan bisa dipercaya. Hindari bertansaksi di internet pada web site yang tidak menyediakan privacy policy--Anda harus tahu bagaimana informasi Anda di tangani.

Terakhir jangan membuat tagihan kartu kredit lewat internet kecuali ditangani lewat situs aman atau dengan memakai mode kode rahasia. Anda akan tahu kalau halaman yang mana anda online aman punya awalan URL berupa https sebagai ganti dari http.

Tanggap akan tanda-tanda pencurian identitas

Kalau hal-hal dibawah ini terjadi anda harus curiga dan membuat anda mengambil tindakan:

  • Tidak menerima tagihan seperti biasanya atau rekening koran.
  • Menerima kartu  kredit yang anda tidak memintanya, atau tagihan dari account yang bukan anda buka.
  • Menemukan tagihan tak dikenal dari rekening anda, atau mendapatkan telpon atau surat dari agen penagih hutang.
  • Ditolak melakukan kredit,karena alasan tak jelas.
  • Menemukan informasi salah atau tidak sesuai pada laporan kredit anda.

Sesegera mungkin lakukan ini bila Anda kehilangan kartu kredit anda, SIM, nomer pensiun, SIM Card handphone, atau jenis informasi identitas, ikuti cara berikut:

  • Blokir kartu kredit anda, kartu ATM, kartu debit, dan tutup rekening anda di bank. Kalau cek yang tercuri, beritahu bank anda.
  • Laporkan ke polisidan simpan tanda bukti pelaporan.
  • Hubungi departemen negara bagian pada bagian kendaraan bermotor kalau SIM anda tercuri.
  • Hubungi provider SIM Card untuk memberitahukan mereka kalau handphone anda dicuri, dan blokir nomornya. (erabaru/man)

Sumber:
http://en.epochtimes.com/n2/life/avoiding-identity-theft-7373.html
www.erabaruor.id

Comments

No responses to “Menghindari Pencurian Identitas”

Poskan Komentar