Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Cara Pintar Membangun “Koneksi”

Jika Anda seorang pengusaha tentu tahu arti penting dari “koneksi.” Namun koneksi atau hubungan tidak hanya penting bagi para pengusaha, namun setiap orang yang ingin mencapai kesuksesan, termasuk para karyawan. Tanpa koneksi atau hubungan yang baik dengan banyak pihak, seseorang akan mengalami kesulitan meniti karirnya. Untuk itu bagaimana Anda menjalin hubungan dengan orang lain, baik itu klien, rekan kerja, bawahan maupun atasan, sangat menentukan keberhasilan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang dapat menjadi pedoman Anda:

Kepercayaan diri

Jika Anda ingin membangun hubungan dengan orang lain, Anda harus menunjukkan kepercayaan diri. Anda harus kenal jati diri Anda yang sesungguhnya. Orang tidak akan memperhatikan suara orang asing, untuk itu Anda harus jadi diri sendiri.

Berkomuikasi dengan kejujuran dan ketulusan

Orang dapat mencium kepalsuan dari jauh. Anda harus menyampaikan pujian yang jujur, menolong dengan tulus dan menjaga agar hubungan Anda dengan orang-orang yang Anda kenal dengan penuh kasih.

Kenalilah pendengan Anda

Kenalilah orang-orang yang ada di sekeliling Anda. Hal ini berarti mengenal nama mereka, riwayat kehidupannya, bahkan impian-impian mereka. Anda harus belajar komunikasi mendengar untuk dapat semua informasi itu. Jika Anda telah mendapatkan semua informasi itu, maka Anda dapat menyampaikan sesuatu yang menjadi kepedulian mereka, bukan hanya apa yang menjadi kepedulian Anda.

Tunjukkan integritas Anda

Banyak orang bisa menyampaikan nasihat, namun sedikit yang bisa menyelaraskan apa yang mereka katakan dengan perbuatan mereka. Jika Anda memiliki integritas jenis ini, maka Anda akan mendapatkan penghormatan dari orang-orang disekitar Anda. Integritas ini akan membangun kepercayaan mereka. Tanpa integritas, sebuah hubungan tidak dapat terjalin dengan baik.

Pergilah ke tempat mereka berada

Seorang komunikator tidak akan membuat jurang pemisah dengan pendengarnya. Entah itu panggung yang terlalu tinggi, jarang dengan pendengar yang terlalu jauh ataupun pemisah imajiner seperti pola pikir yang salah. Hal yang sama juga jika Anda ingin membangun koneksi yang baik dengan orang-orang disekeliling Anda. Robohkan setiap tembok pemisah yang ada. Bicaralah dengan bahasa orang tersebut, dekatkanlah diri dengannya, sesuaikan diri Anda dengan budaya, latar belakang, pendidikan dan lain sebagainya, dari orang tersebut. Sesuaikanlah diri Anda dengan orang tersebut, jangan memaksa orang lain menyesuaikan diri dengan Anda.

Pusatkan perhatian kepada diri mereka bukan Anda

Ini adalah sebuah rahasia keberhasilan setiap orang sukses: mereka menempatkan orang lain lebih penting dari dirinya. Dengan cara pandang tersebut, mereka menjadikan orang lain sebagai pusat perhatiannya, bukan menjadikan dirinya sendiri sebagai pusat perhatian orang-orang di sekitarnya. Setiap orang senang menjadi pusat perhatian, dilayani dan diperhatikan. Jadi, jangan lupakan hal yang sangat penting ini.

Percayalah kepada mereka

Cara membangun hubungan yang baik adalah dengan mempercayai bahwa setiap orang berharga. Dengan cara ini kita dapat membantu orang tersebut melihat potensi yang ada didalam dirinya. Rasa percaya Anda, dapat membantu orang tersebut semakin memaksimalkan kehidupannya.

Tawarkan bantuan dan harapan

Tidak ada seorangpun yang dapat hidup sendiri di dunia ini, semua orang membutuhkan pertolongan orang lain. Untuk itu, tawarkanlah pertolongan kepada orang-orang di sekeliling Anda. Berilah mereka harapan. Dengan menawarkan harapan, Anda memberikan mereka masa depan.

Sebuah koneksi atau hubungan jika dibangun dengan benar akan membentuk sebuah siklus saling memberi dan menerima. Untuk itu awali dari diri Anda, berilah bantuan, perhatian, semangat dan harapan kepada orang-orang sekitar Anda. Dengan cara ini, Anda membangun anak tangga kehidupan menuju sebuah tingkat yang lebih tinggi.


Sumber :

Disadur dari 21 Hukum Kepemimpinan Sejati; John C Maxwell; Immanuel (jawaban.com)

Comments

No responses to “Cara Pintar Membangun “Koneksi””

Poskan Komentar