Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Ini Dia Alasan Tepat Untuk Menolak Pekerjaan

Dalam masa yang sulit mendapatkan pekerjaan, seorang pencari kerja kerap suka bertindak irasional. Tanpa pertimbangan yang matang, mereka biasanya langsung menerima saja tawaran pekerjaan dari sebuah perusahaan yang datang kepada mereka. Di satu sisi, hal ini bisa dimaklumi tetapi di sisi yang lain tindakan yang mereka lakukan bisa membuat mereka justru akan mengalami banyak tekanan.

Agar Anda tidak salah memilih pekerjaan dan menyesal di kemudian hari ada baiknya Anda mengetahui apakah tawaran pekerjaan itu sudah tepat atau tidak untuk diterima. Berikut beberapa hal yang bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum menerima pekerjaan dari sebuah perusahaan.

  1. Kondisi perusahaan. Untuk mengetahui sebuah perusahaan sehat atau bermasalah, Anda dapat mencarinya di internet atau media massa. Jika perusahaan itu adalah perusahaan privat, tanyakan kondisi perusahaan tempat Anda melamar kepada pewawancara Anda. Anda tidak perlu melakukannya secara terangan-terangan. Cobalah menanyakan perkembangan perusahaan selama dua atau satu tahun sekali. Jika ini kurang berhasil, carilah lewat karyawan perusahaan tersebut.
  2. Proses wawancara. Jika perusahaan membutuhkan waktu hingga berminggu-minggu atau tiga sampai empat kali wawancara untuk memberikan keputusan final, maka ini bisa menjadi tanda bahwa tak ada koordinasi yang baik di perusahaan tersebut.
  3. Perasaan tak enak. Jangan sekali-kali meremehkan perasaan Anda. Apabila perasaan Anda menunjukkan sesuatu yang tak nyaman dengan perusahaan atau bidang yang ditawarkan, maka lupakanlah tawaran pekerjaan itu. Walau Anda mengaku sebagai seorang yang logis, bukan berarti apa yang dikatakan hati Anda harus Anda abaikan. Banyak cerita yang membuktikan bahwa ketika mereka mengikuti kata hati, mereka terhindar dari peristiwa-peristiwa yang buruk. 
  4. Gaji. Meskipun Anda tidak menjadikan besaran gaji dalam kriteria utama untuk menerima pekerjaan, tetapi tetap saja Anda harus menghitung-hitung apakah pendapatan yang Anda terima dari perusahaan itu akan dapat memenuhi kebutuhan hidup Anda. Jadi pertimbangkan baik-baik apabila Anda mau memutuskan mengambil pekerjaan yang gajinya di bawah standar Anda.
  5. Pekerjaan yang akan diterima bertentangan dengan prinsip, moral, dan gaya hidup. Mencari pekerjaan di masa sekarang adalah hal yang tidak mudah, namun tidaklah sepadan jika akhirnya Anda harus mengorbankan harga diri untuk sebuah pekerjaan yang bertentangan dengan prinsip dan nilai-nilai hidup yang Anda pegang selama ini.

Sumber : Harian Seputar Indonesia/jawaban.com

Comments

No responses to “Ini Dia Alasan Tepat Untuk Menolak Pekerjaan”

Poskan Komentar