Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Berjalanlah Dua Mil

Matius 5:41


Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil

Ayat diatas menggambarkan sebuah kebiasaan dari prajurit Romawi pada jaman itu, mereka sering meminta dengan paksa orang-orang yang ditemuinya untuk membawakan barang-barangnya hingga jarak tertentu. Disini Yesus mengajarkan sebuah bentuk sikap yang sangat radikal. Dia mengajarkan untuk memberi ekstra atas sebuah kerja paksa. Yesus mengajarkan untuk memberi lebih dari yang diharapkan, bahkan untuk sebuah pekerjaan yang seharusnya tidak Anda kerjakan.

Dalam kehidupan saat ini, Anda tidak akan bertemu dengan para prajurit Romawi itu, namun ada hal-hal yang harus Anda kerjakan, dan untuk memberikan yang terbaik, Anda perlu melakukan hal-hal ekstra disana. Hal eksra apa saja itu?

1. Usaha ekstra (extra effort)

Sebuah usaha ekstra akan memberikan kemajuan atas apapun yang Anda kerjakan. Hal yang membedakan sebuah pekerjaan biasa dan yang luar biasa adalah usaha ekstra yang Anda berikan.

2. Waktu ekstra (extra time).

Perbedaan antara orang yang berhasil dan mereka yang gagal adalah orang yang berhasil memberikan waktu lebih banyak atas apa yang sedang dikerjakannya. Memberikan waktu lebih atau ekstra menuntut lebih dari ketabahan, Anda membutuhkan kesabaran.

3. Bantuan ekstra (exstra help)

Setiap orang yang berhasil mencapai puncak kesuksesannya pasti ada orang-orang yang membantunya menuju kesana. Bantuan Anda bagi orang lain, akan memberkati mereka, dan Anda akan bersukacita saat melihat orang itu bisa mencapai rencana Tuhan dalam hidupannya.

4. Perubahan ekstra (extra change)

Kehidupan ini selalu menuntut perubahan. Jika Anda tidak bersedia berubah, Anda akan menjadi seperti dinasourus, punah dan tinggal fosil. Anda perlu terbuka dengan perubahan. Perubahan itu baik dan positif jika Anda tahu dengan jelas hal apa yang perlu dirubah. Jenis-jenis perubahan seperti apa yang perlu dilakukan? Inilah yang dituliskan John C Maxwel dalam bukunya "Talent is Never Enough":

  • Jangan berubah hanya untuk menghindari masalah Anda - berubahlah untuk menyelesaikannya.
  • Jangan ubah keadaan Anda untuk memperbaiki kehidupan Anda - ubahlah diri Anda sendiri untuk memperbaiki keadaan Anda.
  • Jangan lakukan hal-hal yang sama dan mengharapkan hasil yang berbeda - dapatkan hasil yang berbeda dengan melakukan sesuatu yang baru.
  • Jangan menunggu sebuah tanda untuk berubah - mulailah berubah segera sesudah Anda merasa perlu adanya perubahan.
  • Jangan menganggap perubahan sebagai sesuatu yang menyakitkan yang harus dilakukan - anggaplah hal itu sesuatu yang menolonga yang bisa dilakukan.
  • Jangan menghindari harga langsung yang harus dibayar dari perubahan - jika Anda melakukannya, Anda akan membayar harga tertinggi dari tidak pernah memperbaiki diri.

Setiap hal yang Anda lakukan dengan ekstra akan menghasilkan sesuatu yang berbeda. Penyair dan filsuf Johann von Schiller menulis, "Orang yang telah melakukan yang terbaik dari dirinya sendiri untuk masanya sendiri telah hidup sepanjang waktu." Anda bisa melakukan yang terbaik, Anda hanya perlu melakukan segala sesuatunya dengan ekstra.

Sumber :
John C. Maxwell
www.jawaban.com

Comments

No responses to “Berjalanlah Dua Mil”

Poskan Komentar