Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Persiapan Untuk Mengadopsi Anak

Adopsi itu seperti menantikan kelahiran. Dua-duanya dipenuhi dengan harapan dan ketidakpastian. Maka sangatlah penting untuk Anda mempersiapkan segala sesuatunya seperti medical, keuangan dan masalah emosional yang mungkin akan terjadi. Semakin banyak informasi yang Anda miliki, semakin baik untuk Anda dapat mempersiapkan diri untuk menghindari masalah. Karena berbeda Negara maka akan berbeda pula peraturannya. Mulai dari hukum, menghubungi pekerja sosial, agen atau pengacara untuk informasi saat ini.

Adopsi bisa terganggu atau tidak terselesaikan. Konseling sebelum mengambil keputusan meminimalisasikan resiko gangguan. Banyak agensi lebih memilih mempercayakan kontes daripada keluarga adopsi. Mengadopsi dari lembaga public lebih kecil resiko dari gangguan.

Anak-anak jarang diculik atau dibeli dari ibu yang baru melahirkan tetapi tidak menutup kemungkinan hal itu terjadi. Bangun hubungan melalui adopsi yang terbuka tetapi tetap waspada untuk berkomunikasi dengan ibu yang baru melahirkan untuk meyakinkan Anda dalam hal ini. Posisi Anda sebagai keluarga yang ingin mengadopsi adalah sebagai penghibur bukan yang dihibur.

Ibu yang tidak melahirkan dapat menipu keluarga yang berharap akan kehidupan yang lebih baik. Setelah itu Anda dianjurkan langsung mengurus perjanjian setelah semua kesepakatan telah disetujui.

Anda tidak harus mengurus medical dari ibu yang melahirkan, tetapi bisa bila Anda mau. Setelah kelahiran Anda dapat meminta laporan kesehatan dari ibu atau semua keluarga yang berhubungan dengan anak yang ingin Anda adopsi.

Ibu kandungnya mungkin saja akan berubah pikiran. Penandatanganan surat perjanjian dianjurkan setelah bati lahir. Tetapi bila sesuatu terjadi dan ibu kandung meminta kembali anaknya, maka Anda harus dapat menyelesaikan hal ini secara kekeluargaan.

Ayah kandung juga dapat melepaskan hak asuhnya melalui pengajuan terhadap haknya. Banyak sekali biaya tersembunyi. Ketika berhadapan dengan agen sebaiknya Anda tetap membicarakan biaya apa saja yang harus dikeluarkan. Termasuk biaya tambahan. Anda mungkin juga harus membantu ibu kandungnya dalam dana supaya dapat melhirkan dengan selamat. Mungkin Anda harus membayar tenaga kerja lain, biaya rumah sakit, dll.

Mengadopsi seorang bayi tidak langsung membuat Anda keluar dari masalah dan meringankan kesedihan Anda. Anda tidak boleh meletakkan semua harapan yang tidak mungkin pada anak adopsi Anda dan berharap dapat menggantikan anak kandung Anda. Pastikan emosi Anda sudah sehat dan siap untuk menerima tantangan dari keluarga adopsi.

Keluarga baru dari sang anak ingin sekali anak mereka menunjukkan rasa terima kasih terhadap keluarga baru yang telah membuatnya berada dalam rasa nyaman. Tetapi tidak semua anak dapat menunjukkan hal itu dengan segera. Mereka perlu menyesuaikan diri dengan keluarga baru mereka, apalagi mereka diadopsi pada saat sudah mulai mengenal atau mengerti. Keluarga baru ini seharusnya tetap menjadi pendukung dan meyakinkan anak bahwa mereka sudah berada di tempat yang tepat.

Menjadi orangtua dengan anak adopsi tidak sama dengan anak kandung. Mengadopsi menciptakan beberapa masalah bagi semua pihak yang terlibat, tetapi hal itu dapat diminimalisasikan. Segala sesuatunya akan berjalan dengan baik bila dimulai dengan hal yang baik pula.


Sumber : focusonthefamily/agn & www.jawaban.com

Comments

No responses to “Persiapan Untuk Mengadopsi Anak”

Poskan Komentar