Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Cara Efektif Mengelola Bisnis Keluarga

Bisnis keluarga yang di operasikan di rumah, memberikan potensi penghematan besar. Namun jika tidak dipersiapkan dengan baik, hal ini bisa membuat Anda mengalami banyak konflik.

Bisnis keluarga artinya menghasilkan keuntungan tanpa mengorbankan keluarga, namun melibatkan mereka. Untuk itu berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Kenali perbedaan kepribadian dari seluruh anggota keluarga Anda

Dengan mengenali kekuatan dan kelemahan dari tiap-tiap anggota keluarga Anda, maka akan lebih mudah untuk menempatkan mereka di posisi yang tepat. Hal ini akan membuat setiap orang efektif dalam menjalankan pekerjaan mereka.

Minta masukan dari semua orang

Ingatlah bahwa ini adalah bisnis keluarga, jadi pendapat setiap anggota keluarga Anda sama pentingnya dengan pendapat Anda.

Lakukan sesuatu yang keluarga Anda sama-sama sukai

Cintai apa yang Anda kerjakan, maka hal tersebut akan sukses. Hal ini berlaku juga dalam bisnis keluarga. Temukan satu hal yang sama-sama disukai oleh keluarga Anda, maka bisnis akan menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Tentukan batasan waktu

Karena bekerja di rumah, terkadang sulit untuk menentukan batasan waktu. Namun hal ini sangat penting. Sebagai contoh jika Anda membuka warung kelontong di rumah, tentukan jam kerjanya, Anda bisa tentukan mulai jam 8 pagi hingga jam 6 sore. Setelah itu, pastikan bahwa Anda menggunakan waktu untuk kebersamaan keluarga.

Memiliki ruang kerja

Jika Anda menjalankan bisnis keluarga di rumah, Anda harus memiliki ruang kerja khusus. Pastikan fasilitas yang Anda butuhkan tersedia disana, contohnya listrik, saluran udara, internet dan kebutuhan kantor lainnya.

Semakin berkembang bisnis Anda, maka kebutuhannya akan semakin besar. Akan tiba saatnya bahwa Anda akan mempekerjakan orang luar atau bahkan memiliki kantor sendiri dengan menyewa atau membeli sebuah ruko. Namun sebelumnya, Anda harus membangun dasar yang kuat agar bisnis tersebut berhasil. Selamat mencoba.

Sumber : entrepreneur.com / jawaban.com

Comments

No responses to “Cara Efektif Mengelola Bisnis Keluarga”

Poskan Komentar