Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Resep Hidup Sukses

"Berpeganglah pada didikan, janganlah melepaskannya, peliharalah dia, karena dialah hidupmu." (Amsal 4 : 13)

Ini kisah tentang seekor bayi jerapah ! Saat pertama kali bayi jerapah belajar hidup di rimba yang keras, induk jerapah akan menundukkan lehernya untuk melihat bayinya. Kemudian, sang induk melakukan hal yang tidak bisa diterima oleh akal sehat. Ia mengayunkan kakinya dan menendang bayinya. Tindakan ini membuat kepala bayi jerapah ada di atas tumit. Tapi, kalau si bayi ini belum juga bisa berdiri, proses kekerasan ini akan terus diulangi. Selama tumit bayi jerapah masih lemah, sang induk bakal menendang kembali untuk mendorong si bayi supaya belajar berdiri. Akhirnya, si bayi jerapah bisa berdiri dengan kakinya yang masih lemah. Tidak berhenti di situ, sang induk akan terus melakukan hal yang luar biasa, yaitu sengaja menendang bayinya sampai terjatuh lagi. Tujuan induk jerapah melakukan hal itu adalah mengajar bayinya untuk tahu bagaimana caranya bangkit kembali setelah terjatuh. Di hutan belantara, tempat mereka tinggal, bayi jerapah harus segera bangkit kembali setelah terjatuh agar tidak terpisah dari kelompoknya. Kalau induk jerapah tidak mengajar bayinya untuk bangkit lagi setelah ia terjatuh, bayinya itu bakal menjadi mangsa dari binatang buas.

Seandainya kita yang menjadi bayi jerapah itu tentunya akan membuat kita menderita. Namun, itulah yang terjadi di kehidupan dunia binatang sampai bayi yang baru saja lahir itu harus diajar sekeras itu oleh induknya. Tapi, hal tersebut memang harus dilakukan ! Induknya tahu kalau bayi jerapah itu harus tumbuh menjadi jerapah yang kuat dan tidak manja. Kalau bayi jerapah itu protes, marah, dan tidak mau dididik dengan keras, sudah pasti nantinya ia kan menjadi mangsa dari binatang buas lain.

Pelajaran yang indah dari cerita di atas adalah kunci keberhasilan dan ketahanan kita menghadapi hidup dimulai ketika kita belajar menghadapi tantangan. Kalau kita cuma mendapatkan didikan tanpa ada tantangan, tidak pernah mempunyai masalah, tidak pernah terjatuh, kita pasti akan bertumbuh menjadi orang yang lemah. Irvin Stone mengatakan kalau dia menemukan banyak orang yang luar biasa yang mengalami kesulitan dalam hidupnya. Ia berkata,"Aku menuliskan tentang orang yang kadangkala dalam hidupnya mempunyai sebuah visi atau impian yang tidak mungkin dapat dicapainya, tetapi mereka tetap berkerja. Mereka terpukul, jatuh bangun, difitnah, dan selama bertahun-tahun mereka tidak pernah berhasil. Tetapi, setiap kali mereka terjatuh, mereka dapat bangun kembali. Anda tidak akan dapat menghancurkan orang semacam ini. Dan pada akhir hidupnya mereka berhasil mencapai hal-hal yang mereka impikan."

Jadi, inilah resep keberhasilan ! Jangan pernah berhenti bekerja sekalipun impian kita kelihatan tidak mungkin. Teruslah bekerja, kalau gagal dan terjatuh, jangan pernah menyerah dan bangkitlah kembali sampai kita berhasil.

Sumber : Future Generation No. 88 Mei 2008

Comments

No responses to “Resep Hidup Sukses”

Poskan Komentar