Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Ketika Anak Beranjak Remaja

Ketika anak Anda beranjak remaja, Anda mungkin akan terkejut dengan perubahan perilaku mereka. Anak yang tadinya begitu dekat dengan Anda, tiba-tiba mulai menarik diri dan memandang Anda seperti orang asing. Menurut Michele Borba, Ed. D., seorang pakar pendidikan anak, diperlukan perspektif yang baru untuk menjembatani hubungan Anda dengan anak Anda yang beranjak remaja. Berikut ini adalah sejumlah langkah yang dianjurkan Borba ketika Anda berhadapan dengan Anak remaja Anda :

  1. Sadarilah bahwa perilaku anak Anda mungkin akan agak aneh. Jadi tidak perlu terlampau cemas dengan hal tersebut. Masa remaja merupakan waktu terjadinya berbagai perubahan dalam kehidupan anak remaja, mulai dari perubahan fisik, kognitif, maupun emosional.
  2. Cari literatur yang membahas pola asuh terhadap anak remaja. Semakin dalam pemahaman Anda terhadap perilaku anak remaja, semakin baik cara Anda menghadapinya.
  3. Jangan bereaksi terlalu berlebihan ketika anak remaja Anda membuat ulah. Tahan keinginan Anda untuk menghakimi atau mengkritiknya saat itu juga. Katakan padanya, Anda butuh waktu untuk berpikir.
  4. Saatnya untuk membuat aturan, tetapkan hal-hal yang menurut Anda tidak dapat dinegosiasikan, terutama menyangkut keselamatan anak dan nilai-nilai keluarga. Misalnya, menepati jam malam merupakan suatu keharusan.
  5. Temukan hal-hal umum yang dapat menjadi penjalin hubungan dengan anak. Gunakan minat anak remaja Anda sebagai bahan percakapan, misalnya musisi favoritnya, olah raga kesukaannya, atau teman-teman dekatnya.

Kunci untuk menghadapi anak remaja Anda adalah mengetahui cara menyeimbangkan diri agar tidak terlalu ikut campur atau justru terlalu mengabaikannya.

Sumber : mediaindonesia.com/dan/jawaban.com

Comments

No responses to “Ketika Anak Beranjak Remaja”

Poskan Komentar