Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Cetakan Alkitab

Bahasa Alkitab Pertama Amerika
Bahasa Alkitab pertama Amerika bukan dalam bahasa Inggris, melainkan bahasa Indian Algonquin. Itulah bahasa Alkitab pertama Amerika. John Eliot, pendeta kolonial dan rasul bagi orang-orang Indian menerbitkan Alkitab Algonquinnya pada tahun 1662. Pada waktu itu hukum menghendaki agar semua Alkitab berbahasa Inggris dicetak di Inggris.

Cetak Alkitab Pertama Di Amerika
Alkitab pertama yang dicetak di Amerika dalam bahasa Eropa bukanlah dalam bahasa Inggris, tetapi dalam bahasa Jerman, sebab hukum Inggris menghendaki agar semua Alkitab dalam bahasa Inggris harus didatangkan dan dicetak di Inggris, dan hukum itu tidak berlaku untuk Alkitab berbahasa Jerman. Christopher Sauer dari Pennsylvania menerbitkan edisi Alkitab Martin Luther dalam bahasa Jerman pada tahun 1743.

Alkitab-Alkitab Boston
Hukum Inggris menghendaki bahwa koloni-koloni di Amerika hanya membaca Alkitab yang dicetak di Inggris. Pada tahun 1750, dua perusahaan percetakan di Boston, Rogers & Fowle bersama dengan Kneeland & Green membajak versi King James dengan mencetaknya di percetakan mereka dan menulisnya sebagai terbitan London.

Kitab Suci Versi Thomas Jefferson
Presiden Amerika ketiga, pembuat deklarasi kemerdekaan dan ahli filosofi politik yang terkenal, Thomas Jefferson tidak mempedulikan kekristenan tradisional. Seperti kebanyakan orang berpendidikan pada masanya, ia adalah seorang deist, percaya kepada Allah dan membiarkan manusia mengurus permasalahannya sendiri. Tidak percaya mukjizat, Jefferson menciptakan kitab suci versinya sendiri, yaitu "The Life and Morals of Jesus of Nazareth" dimana ia menghapus semua mukjizat dari Injil yang asli, Yesus adalah guru yang bijaksana dan menjadi panutan, tetapi bukanlah seorang Penyelamat atau Tuhan. Meskipun ia adalah seorang presiden yang terkenal, namun sering dikritik karena pandangan keagamaannya.

Alkitab Pertama Amerika Dalam Bahasa Inggris
Tahun 1777, Kongres Kontinental memberikan kuasa kepada Robert Aitken, pencetak khusus bagi Konggres untuk mencetak Alkitab Amerika pertama dalam bahasa Inggris. Ini adalah versi King James tetapi dengan menghilangkan halaman yang menurut tradisi biasanya didedikasikan bagi raja.

Terjemahan Pertama Oleh Orang Amerika
Charles Thomson, sekretaris Konggres Kontinental (1775 - 1783) adalah orang Amerika pertama yang menterjemahkan Alkitab Bahasa Inggris. Ia menemukan salinan Septuaginta (Perjanjian Lama dalam bahasa Yunani) di sebuah tempat pelelangan buku, lalu menterjemahkan bersama-sama Kitan Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani ke dalam bahasa Inggris. Alkitabnya kemudian diterbitkan pada tahun 1808.

The American Bible Society
Lembaga non denominasi ini terkenal karena usahanya membuat Alkitab dengan harga murah ataupun gratis. Lembaga ini didirikan pada tahun 1816 di New York dan hakim agung Amerika yang pertama, John Ray menjabat salah satu presidennya. ABS mensponsori terjemahan modern yang dikenal sebagai Good News Bible, atau Today's English Version.

Alkitab King James Versi Amerika
Noah Webster (1758 - 1843), seorang guru sekolah di Connecticut membuat American Dictionary of English Language dan diterbitkan dalam dua jilid pada tahun 1828. Webster mau membuktikan bahwa Amerika adalah negara tersendiri, dan tidak bergantung pada tradisi atau bahasa Inggris. Jadi, ia menerrbitkan Alkitab King James versi Amerika dan menamakannya dengan Alkitab Yang Diperbaiki pada tahun 1833. Ia mengubah beberapa ejaan Inggris (contoh : colour menjadi color) dan menghapuskan beberapa kata bergaya kuno dari King James Version. Webster menyadari bahwa bahasa Inggris telah berubah secara dramatis sejak King James Version diterbitkan pada tahun 1611.

Sumber : Suara Pelayanan Edisi 55 - Mei 2008

Comments

No responses to “Cetakan Alkitab”

Poskan Komentar