Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Merencanakan Kemajuan Karier

Salah satu tujuan orang berkarier adalah mencapai prestasi puncak di bidangnya. Ini tentu diperoleh melalui proses yang terkadang tak begitu mudah. Apalagi, persaingan di dunia karier saat ini sangat ketat, sehingga tidak semua karyawan memiliki kesempatan yang sama. Semakin besar organisasi atau perusahaan, semakin besar pula persaingan di antara para karyawannya.

Promosi kenaikan jabatan atau mutasi merupakan alternatif memajukan karier. Semua orang tentu menginginkan kariernya berkembang, karena berkembangnya karier berarti peningkatan, baik peningkatan tanggung jawab, wawasan yang semakin luas, maupun peningkatan penghasilan. Nah, agar karier Anda bisa berkembang, simak beberapa tips penting berikut:

1. Rencanakan Jauh-jauh Hari
Karier kita adalah pekerjaan yang kita geluti sepanjang waktu di suatu bidang. Jadi, memang harus betul-betul dipikirkan, bahkan hingga beberapa tahun mendatang. Juga, tak hanya terfokus pada pekerjaan yang sekarang. Anda sebaiknya memikirkan pekerjaan atau posisi Anda lima tahun mendatang, misalnya, agar bisa memiliki gambaran yang jelas, di mana kira-kira posisi karier Anda di tahun yang akan datang.

Oleh karena itu, waktu adalah hal yang sangat berharga dan merupakan aset. Pergunakan waktu sebaik mungkin untuk merencanakan karier Anda. Jika tidak, bisa-bisa Anda menyesal di kemudian hari karena karier ternyata tak berkembang atau bahkan mentok. Banyak orang yang memulai bekerja tanpa memperhitungkan kariernya di kemudian hari. Yang terjadi, mereka tak mengalami perkembangan berarti meskiun telah berkarier sekian lama.

Perusahaan berskala besar biasanya menyediakan kesempatan untuk pelatihan (training), menyusun sistem pengakatan, serta ada pula yang memberikan bantuan untuk pengembangan karier bagi karyawannya. Akan tetapi, itu semua tentu tergantung kepada Anda sebagai karyawan, apakah ingin maju atau sebaliknya. Anda-lah yang berperan aktif dalam menentukan pekerjaan, pelatihan dan pengembangan karier Anda. Anda-lah yang mengambil prakarsa dan langkah untuk merencanakan karier Anda sendiri.

Menentukan dan memperhitungkan karier memang tidak mudah, tetapi itu lebih baik dari pada hanya menunggu keberuntungan atau nasib saja. Jadi, bijaksanalah dalam merencanakan karier begitu Anda mendapat kesempatan. Kalau perlu, tentukan target, meski itu bukan berarti Anda harus ambisius mengejarnya. Ketahui lebih dulu posisi dan potensi Anda, baru kemudian Anda bersiap memanfaatkan peluang-peluang penting yang ada tersebut.

2. Tingkatkan Wawasan
Wawasan berhubungan dengan kinerja dan kreativitas. Oleh karena itu, wawasan sangat penting dalam karier. Apalagi jika bidang karier Anda berkaitan erat dengan perkembangan dunia. Misalnya, di bidang komputer atau bisnis. Tentu, Anda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangannya. Dan wawasan-lah yang akan membantu Anda menyelaraskan diri dengan kemajuan dunia tersebut. Salah satu cara terbaik untuk menguasai bidang Anda adalah dengan membaca buku atau artikel-artikel tentang bidang tersebut. Meski Anda tak pernah absen melihat teve, membaca koran/majalah, atau surfing di internet, membaca buku dan artikel juga dapat menambah wawasan dan bisa menjadi langkah awal menjadi karyawan profesional dan bertanggung jawab.

Tentu, tak hanya bidang Anda yang harus Anda perkaya. Mempelajari dan menambah pengetahuan di bidang lain pun sama pentingnya. Siapa tahu, suatu ketika kita dipercaya pindah ke bagian yang lain, bukan? Selain lewat media cetak/elektronik, internet dan membaca, Anda juga bisa memperkaya wawasan lewat pergaulan. Karena itu, jangan ragu untuk membuka kontak dengan siapa saja dan dari bidang apa saja, karena itu akan memperkaya wawasan. Tentu, ini akan menjadi kredit tersendiri yang bisa mendongkrak karier Anda.

3. Miliki Komitmen
Komitmen adalah kesanggupan untuk bertanggung jawab terhadap hal-hal yang dipercayakan kepada kita. Dalam hal karier, Anda harus betul-betul melaksanakan tugas seperti yang diharapkan, bahkan kalau bisa melebihi target. Komitmen sangat penting, karena lewat komitmen-lah kinerja seseorang bisa diukur, apakah memang bekerja sesuai tuntutan atau sebaliknya, tak memenuhi tuntutan. Komitmen juga akan membantu orang untuk mengenali siapa diri kita sebenarnya. Jika kita betul-betul memiliki komitmen untuk mengemban tugas yang dipercayakan kepada kita, maka bukan hal sulit bagi seorang atasan untuk memberi kepercayaan lebih kepada kita.

Sumber : www.jawaban.com

Comments

No responses to “Merencanakan Kemajuan Karier”

Poskan Komentar