Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Lima Hal Yang Dilakukan Seorang Ayah

Kita harus tahu bahwa menjadi seorang ayah bukan semata-mata sebuah peran sentimentil, tetapi sebuah peran yang sangat praktis juga. Peran ayah tidak hanya sekedar membantu menyiapkan makan di atas meja, mengajar kita naik sepeda atau mengajak kita bermain.

Para ayah sangat kritis terhadap anak yang sehat dan pengembangan manusia. Dengan kata lain, ayah-ayah kita membantu kita menjadi orang yang pandai, penuh belas kasih, percaya diri dan dapat menyesuaikan diri.

Ada lima hal penting untuk bisa hidup dengan baik dalam masyarakat yang dikatakan oleh ilmu sosial dan psikologi dan yang cenderung kita peroleh dari ayah dari pada ibu kita:

Ayah mengajarkan empati (merasakan apa yang dirasakan orang lain)
Untuk dapat memperoleh kepercayaan dari orang lain bukan sekedar dari orang lain yang mengatakan bahwa kita baik, tetapi sesungguhnya dengan mencoba melakukan sesuatu yang sulit dan menemukan bahwa kita dapat melakukannya. Para ayah lebih punya kemungkinan besar untuk menantang anak-anaknya mencoba hal-hal yang sulit dengan mengambil risiko yang aman dan teratur.

Penelitian bahkan menunjukkan bahwa bayi-bayi dengan keterlibatan ayah lebih memiliki kepercayaan diri dan antusias untuk lebih mengenal dunia di seputar mereka. Gaya para ayah yang lebih aktif dalam bermain dan yang lebih lamban dalam merespon guna membantu anak-anak mereka melewati situasi frustrasi dapat menciptakan kapasitas pemecahan masalah yang lebih besar dan kepercayaan diri yang lebih besar pada anak-anak laki-laki maupun perempuan.

Sosok ayah dapat meningkatkan perbendaharaan kata
Anak-anak yang pada masa kecilnya banyak meng-habiskan waktunya bersama dengan ayah mereka, akan memiliki lebih luas dan  kompleks perbendaharaan kata. Seorang ibu, karena lebih menaruh perhatian pada kebutuhan anak-anaknya, cenderung berbicara pada level anak. Hal ini bagus dan untuk komunikasi yang langsung.

Tetapi, para ayah saat berbicara pada anak-anak mereka, ia lebih seperti berbicara pada orang-orang dewasa lainnya. Arahan ayah kepada anak mereka cenderung lebih panjang dari arahan ibu mereka, menjadikan anak-anak berkesempatan mendengar kata-kata lebih banyak dan kemudian belajar bagaimana mereka mencocokkan diri untuk menyampaikan sebuah pemikiran. Dan kita tahu bahwa sebuah kosa kata yang kuat adalah dasar untuk membangun ketrampilan baca yang kuat.

Para ayah melindungi anak dari  kejahatan dan kekerasan
Anda mungkin akan sulit menemukan anak-anak dalam kelompok ‘geng’ yang mempunyai ayah yang baik. Hal ini bukan hanya karena para ayah menjaga anak-anak mereka jauh dari kelompok geng, tetapi yang lebih penting lagi, para ayah telah menyediakan untuk anak laki-laki mereka hal-hal yang telah membuat kehidupan ‘geng’ menarik.

Dahulu, banyak anak lelaki yang labil menggunakan pengeras suara, mobil dan sepeda motor untuk menarik perhatian para tetangga. Kini anak-anak itu menggunakan senapan dan penyerangan.

Anak-anak dengan ayah yang baik tidak mempunyai keinginan seperti itu. Mereka tahu dari ayah mereka bahwa hal itu bermasalah, dan mereka merasa tidak seharusnya memaksakan cara mereka itu pada lelaki yang sudah matang.

Begitu juga, anak-anak perempuan yang memiliki ayah yang baik, tidak akan terjatuh pada tekanan godaan seksual  anak laki-laki, karena gadis-gadis dengan ayah yang baik lebih memiliki kepercayaan diri, karena mereka sudah mendapatkan cinta seorang laki-laki yang baik.

Ayah meningkatkan pelayanan lebih baik bagi perempuan
Carilah seorang perempuan yang penuh percaya diri, cemerlang, berkemampuan, dan tidak mungkin jadi korban seksual, korban emosi atau korban keuangan, maka saya akan menunjukkan pada Anda seorang perempuan yang mempunyai seorang ayah yang baik dalam hidupnya.

Seorang ayah yang baik akan menunjukkan pada anak lelaki maupun anak gadisnya bagaimana seharusnya seorang lelaki yang baik memperlakukan perempuan. Hal ini ditunjukkan oleh perilaku seorang ayah yang berperilaku baik, dan juga dari perilakunya yang agak kurang baik. Ketika seorang ayah yang baik kurang menaruh perhatian dan Ibu menegurnya, ayah lalu menanggapinya dengan cara seperti seorang gentleman, saat itu baik anak lelaki maupun anak gadis akan mencatatnya dalam hati.

Penelitian dari Universitas Kalifornia melihat pada 90 budaya yang berbeda untuk mempelajari bagaimana keikut-sertaan laki-laki dalam mempedulikan anak dihubungkan dengan status perempuan dalam budaya itu.

Mereka menemukan sebuah hubungan yang erat, yang menjelaskan, “Masyarakat dengan keterlibatan yang signifikan dari orangtua dalam mempedulikan anak secara rutin lebih mungkin dari pada masyarakat yang tanpa kehadiran ayah dan yang menyertakan perempuan dalam mengambil keputusan serta  mengizinkan perempuan menduduki posisi yang berkuasa.”

Mungkin berita yang terbaik diantara semuanya, lima pernyataan ini tidak hanya benar bagi ayah-ayah yang bergelar “Ayah favorit” tetapi juga bagi ayah-ayah lain yang cukup baik, yang setiap hari muncul dan menyempatkan diri dalam pekerjaan yang melibatkan kehidupan anak-anak mereka. Dalam menjadi ayah, kuantitas akan dapat memperbaiki banyak kekurangan tipikal dalam kualitas. (Glenn T. Stanton/The Epoch Times/bdn)

Sumber : www.erabaru.or.id

Comments

No responses to “Lima Hal Yang Dilakukan Seorang Ayah”

Posting Komentar