Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Pengumban

Umban atau Pengumban adalah alat pelontar yang terbuat dari kulit dan pada kedua ujungnya diberi tali yang juga terbuat dari kulit. Dengan kedua ujung talinya dipengang, pengumban itu diputar-putar di atas kepala, kemudian satu ujung talinya dilepas sehingga batu bisa meluncur ke sasaran tembak. Di tangan laskar yang terlatih, pengumban menjadi senjata yang mematikan. "Dari segala laskar ini ada tujh ratus orang pilihan yang kidal, dan setiap orang dari mereka dapat mengumban dengan tidak pernah meleset sampai sehelai rambut pun." (Hak 20 : 16).

Daud mengalahkan Goliat yang badannya jauh lebih besar daripadanya hanya dengan menggunakan pengumban ini. "Lalu Daud mengambil tongkatnya di tangannya, dipilihnya dari dasar sungai lima batu yang licin dan ditaruhnya dalam kantung gembala yang dibawanya, yakni tempat batu-batu, sedang umbannya dipegangnya di tangannya. Demikianlah ia mendekati orang Filistin itu ... lalu Daud memasukkan tangannya dalam kantungnya, diambilnyalah sebuah batu dari dalamnya, diumbannya, maka kenalah dahi orang Filistin itu, sehingga batu itu terbenam ke dalam dahinya, dan terjerumuslah ia dengan mukanya ke tanah. " (1 Sam 17 : 40, 49).

Pengumban atau kadang-kadang disebut juga sebagai ali-ali atau pengali di dalam bahasa inggrisnya disebut sling. Pengumban tidak sama dengan ketapel yang di dalam bahasa inggrisnya disebut catapult.

Comments

No responses to “Pengumban”

Poskan Komentar