Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Memilih Usaha Franchise

Ingin usaha namun tidak tahu harus memulai dari mana? Kenapa tidak mencoba dengan membeli franchise sebuah usaha saja. Itulah saran yang umum saat ini dengan menjamurnya berbagai usaha franchise yang hanya bermodal mulai dari 2-3 juta rupiah hingga yang ratusan juta rupiah. Namun apakah menjalankan usaha franchise semudah itu? Belum tentu.

Setiap usaha pasti ada resikonya masing-masing, demikian juga usaha franchise. Untuk itu Anda perlu memperhitungkannya dengan baik. Anda perlu tahu dimana titik lemahnya dan dimana kekuatannya. Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda gunakan untuk menguji skala keberhasilan sebuah franchise:

  1. Unit yang berhasil. Sebelum membeli sebuah franchise mintalah data berapa franchise yang telah terjual, berapa yang bertahan dan berapa yang telah tutup. Jika jumlah unit yang terjual terus bertambah selama beberapa tahun, dan jumlah yang tutup sedikit, maka franchise tersebut dapat Anda pertimbangkan.
  2. Keadaan finansial penjual franchise. Dua hal yang perlu Anda ketahui, apakah si pemilik franchise memiliki keuangan yang stabil dan kuat, dan kedua apakah perusahan tersebut memiliki laporan yang bagus antara pemasukan dan pembayaran tagihan-tagihan. Jika dua hal ini tidak baik, maka lebih baik Anda lewatkan.
  3. Tren di unit franchise yang telah terjual. Anda perlu menanyakan apakah penjualan di unit-unit yang ada saat ini terus naik atau tetap, atau bahkan turun. Jika tidak ada kenaikan yang signifikan, maka itu adalah sebuah petunjuk untuk menjauhi produk itu.
  4. Lakukan survey dan riset. Anda dapat melakukan riset singkat dengan datang atau menghubungi beberapa orang yang telah membeli franchise tersebut. Dengan melakukan riset singkat ini Anda dapat menghindari jebakan-jebakan yang mungkin ada di depan Anda.

Memiliki sebuah usaha tentu saja membutuhkan waktu, pikiran dan juga uang Anda. Jadi membeli sebuah usaha franchise bukan berarti pekerjaan yang ringan, namun tetap membutuhkan kerja keras dari Anda. Jadi jangan cepat menyerah ketika menghadapi tantangan.

Sumber : entrepreneur.com / jawaban.com

Comments

No responses to “Memilih Usaha Franchise”

Poskan Komentar