Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Kegunaan Garam

Kita semua tahu bahwa manfaat garam sangat erat hubungannya dengan kesehatan, khususnya dalam membasmi kuman. Namun garam juga sangat kental bersahabat dengan para koki, baik di rumah-rumah makan maupun di dapur pribadi sebagai pengasin makanan.

Tetapi tahukah anda ia juga punya banyak manfaat lain berkenaan dengan berbagai aktivitas yang kita lakukan di dapur ?

Berikut kegunaan garam dalam aktivitas dapur kita :

Telur ayam yang retak bila direbus, akan keluar putih telurnya. Tetapi bila telur retak ini direbus dalam air garam, maka putih telur tidak akan mengalir keluar.

Daun pada sayur mayur sering masih ada ulatnya, membersihkannya agak repot. Bila sayur mayur itu direndam sebentar dulu dalam air garam, maka akan mudah membersihkannya.

Mencabut bulu bebek, bila dalam air mendidih diberi sedikit garam, dapat mencegah tercabiknya kulit bebek dari siraman air mendidih.

Pada pokoknya sayur pare, lobak atau sayuran lain yang mengandung rasa pahit dan sepet, setelah dipotong lalu direndam dalam air dengan sedikit garam kemudian ditiriskan, maka dapat mengurangi rasa pahit dan sepet tadi.

Ikan segar bila dicuci dengan air garam, maka bisa menghilangkan bau tanah, sehingga terasa lebih segar.

Bagian dalam dan luar dari ikan yang tidak segar, bila dilumuri garam secara merata, lalu didiamkan sesaat baru di tim atau digoreng, maka rasanya akan kembali segar.

Sebelum menggoreng ikan atau memasak makanan lainnya; bila pada wajan diberi sedikit garam, maka minyak tidak akan memercik keluar wajan.

Waktu membuat roti Mantou bila diberi sedikit garam, maka mantou yang dikukus jadi empuk dan mengembang (berongga).

Jika akan menyimpan cuka dalam waktu lama, maka dalam cuka kita beri sedikit garam agar pada permukaan cuka tidak timbul lapisan.

Barang pecah belah yang baru dibeli, bila sebelum digunakan kita rebus dahulu dengan air garam maka jika kena dingin tidak akan mudah retak.

Terong setelah diasinkan dengan garam selama 10 menit, selain menghemat minyak, juga enak rasanya.

Sumber : www.erabaru.or.id

Comments

No responses to “Kegunaan Garam”

Poskan Komentar