Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Mencedok Air Kloset Untuk Memastikannya

Di Jepang, ada seorang mahasiswi yang menggunakan waktu liburan kuliahnya untuk bekerja disebuah hotel. Dia mendapatkan pekerjaan dibagian cleaning service.

Ketika akan menjulurkan tangannya untuk membersihkan kloset di hari pertamanya, dia hampir saja muntah.

Tetapi dia terus memaksakan diri untuk bertahan hingga beberapa hari, sampai tiba suatu saat dimana dia sudah tak mampu lagi untuk memaksakan dirinya.

Ketika hendak mengajukan pengunduran dirinya, mahasiswi ini melihat seorang rekan kerjanya yang berusia lanjut baru saja menyelesaikan pekerjaan membersihkan kloset, dengan tiba-tiba menciduk air dalam kloset itu  lalu meminumnya.

Melihat kejadian itu si mahasiswi ini terbelalak tanpa dapat mengeluarkan kata-kata. Namun si cleaning service tua ini malah dengan bangga mengatakan bahwa kloset yang baru saja dibersihkannya bisa dijamin kebersihannya, begitu bersihnya sehingga air yang berada dikloset tersebut layak untuk diminum.

Melalui kejadian tersebut, mahasiswi ini langsung mendapatkan inspirasi yang luar biasa. Mulai saat itu, si mahasiswi ini tidak lagi merasa sangat menderita ketika memasuki toilet, tetapi malah justru menganggap pekerjaan ini sebagai tempat untuk mengangkat dan menempa diri sendiri. Setiap kali selesai membersihkan kloset dia selalu bertanya pada dirinya sendiri,”Apakah saya bisa minum air kloset ini?”

Masa liburan telah usai, ketika Manajer melakukan pemeriksaan pekerjaan, dihadapan banyak orang si mahasiswi ini langsung menciduk air dari dalam kloset yang telah ia bersihkan kemudian meminumnya.

Tindakannya sungguh mengejutkan banyak orang. Akhir kisah, setelah  mahasiswi ini tidak lagi bekerja di hotel tersebut. Dia lantas terjun kedalam dunia politik, berkat kesungguhan hatinya, akhirnya dia dipercaya menjabat Menteri Pos dan Telekomunikasi Jepang.

Kita sering mengeluhkan begitu beratnya pekerjaan kita, teman sejawat, atasan dan bawahan, namun jarang memeriksa diri sendiri apakah dalam pekerjaan itu kita mendapatkan peningkatan? Apakah sudah mengerjakannya dengan lebih baik? Bukankah kita jarang sekali memeriksa sikap dan semangat kita terhadap pekerjaan?

Suatu ketika pernah mewawancarai seorang Manajer HRD, dia mengatakan untuk menilai baik buruknya seorang karyawan baru, ada tiga point yang sangat penting, yaitu sikap, sikap dan sikap. Karena sikap seseorang dapat lihat apakah dia dapat menghadapi tantangan, menanggulangi kesulitan dan menuntut dirinya untuk selalu maju.

Setiap orang selalu menginginkan pencapaian suatu prestasi, mendapatkan keberhasilan, tetapi seringkali melupakan semangat untuk me-ningkat dan melampaui dalam pekerjaan adalah pokok dari pencapaian prestasi (keberhasilan).

Melampaui taraf yang dicapai itu sendiri sudah merupakan suatu prestasi yang luar biasa, oleh karena itu merupakan semacam semangat kerja yang luar biasa, sebab musabab dari keharuan kita. Sedangkan nama dan keuntungan itu sendiri adalah hasil sampingan, dia tidak bisa dibandingkan dengan semangat diri sendiri untuk melampaui diri sendiri.

Sumber : www.erabaru.or.id

Comments

No responses to “Mencedok Air Kloset Untuk Memastikannya”

Poskan Komentar