Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Seni Meminum Teh

Memilih peralatan minum teh, selain harus memperhatikan tekstur peralatan itu sesungguhnya, juga harus memperhatikan warna tampilannya.

Hanya dengan memadukan ketiga unsur utama yaitu fungsi, tekstur dan warna, menjadi suatu kesatuan yang serasi, kita baru bisa mendapatkan peralatan minum teh yang sempurna.

Corak warna pada keramik dan mineral yang terkandung pada pemoles saling berhubungan erat, sementara komposisi bahan mineral yang sama dengan persentase berbeda juga dapat menghasilkan corak warna yang berbeda pula.

Keramik umumnya dibuat dari tanah liat yang mengandung bahan besi beroksidan, hanya saja temperatur pembuatannya, tingkat oksidasinya yang berbeda, corak warnanya terdiri dari kuning, merah kecoklatan, coklat, abu–abu dan lain–lain. Sementara corak gambarnya sangat kaya dan bervariasi.

Corak warna pada peralatan minum teh yang dimaksud di sini adalah warna dari bahan pembuatnya serta warna dari gambar yang dilukiskan ke atas peralatan minum tersebut, yang biasanya terbagi menjadi dua jenis corak yaitu corak dingin dan corak hangat.

Corak dingin terdiri dari warna–warna biru, hijau, putih, hitam dan lain–lain, sementara corak hangat terdiri dari warna kuning, orange, merah, coklat dan lain–lain. Memilih corak warna pada peralatan minum teh sepenuhnya tergantung pada kombinasi pilihan warna dari tampak luarnya saja.

Prinsip ini harus dikombinasikan dengan daun teh. Untuk dinding sebelah dalam gelas minum sebaiknya digunakan yang berwarna putih, agar dapat merefleksikan warna dari cairan teh itu sendiri dan tingkat kejernihannya. Bersamaan dengan itu, harus diperhatikan juga kombinasi warna dengan teko kecil, kendi, cangkir dan peralatan lainnya, lalu dipadu dengan nampan besar, baki, penutup, agar tercipta kesan sejiwa.

Jika peralatan minum teh utama ini dapat dikombinasikan dengan perlengkapan tambahan, maka akan lebih sempurna lagi. Pemilihan corak warna yang sesuai untuk berbagai jenis peralatan minum teh antara lain adalah :

Teh hijau : cangkir kaca gelas, sebaiknya tidak berwarna, tidak bermotif, tidak ada tutup. Atau gunakan keramik putih, biru, cangkir keramik biru yang tidak ada tutup.

Teh bunga : keramik biru, keramik biru bermotif, mangkok dengan tutup, cangkir dengan tutup, cangkir.

Teh kuning : keramik putih susu atau kuning dan cangkir kuning jeruk, mangkok dengan tutup, cangkir dengan tutup.

Teh merah : berbahan pasir ungu, keramik putih, keramik merah, peralatan yang berwarna hangat, cangkir dengan tutup, mangkok dengan tutup atau peralatan minum kopi.

Teh putih : keramik putih atau cangkir tembikar tanah kuning dan keramik hitam yang dindingnya bercorak.

Teh Wulung : peralatan teh berbahan pasir ungu, atau dari keramik putih, mangkok dengan tutup, cangkir dengan tutup. Juga dapat menggunakan peralatan teh berbahan tembikar berwarna abu kecoklatan.

Sumber : www.erabaru.or.id

Comments

No responses to “Seni Meminum Teh”

Poskan Komentar