Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Perbaiki Komunikasi Pernikahan Anda

Di sore hari, ketika Anda lelah karena tugas sehari-hari, beristirahatlah sejenak dan kemudian ambil waktu untuk menyegarkan hubungan kembali.

Dalam buku "Rahasia Pernikahan Abadi", Neil Clark Warren memberikan lima tips berikut untuk memperbaiki komunikasi dalam pernikahan :

  1. Apabila Anda bertemu dengan pasangan, tanyakan keadaannya hari itu dan berfokuslah pada jawaban itu.
    Berdasarkan inti jawabannya, ajukan dua-tiga pertanyaan lain selama kurang lebih lima menit. Tunjukkan bahwa Anda sungguh-sungguh menaruh perhatian.
  2. Di sore hari, ketika Anda lelah karena tugas sehari-hari, beristirahatlah sejenak dan kemudian ambil waktu untuk menyegarkan hubungan kembali.
    Suami istri perlu bersama-sama meluangkan waktu setengah jam setiap petang untuk membuat mereka lebih dekat. Dengan cara ini mereka dapat saling memperhatikan dan mendiskusikan banyak hal untuk menjauhi semua tekanan maupun tuntutan dunia.
  3. Kirimkan sepucuk surat atau berikan hadiah kecil kendati tidak ada alasan khusus.
    Kadang-kadang komunikasi timbul melalui tulisan singkat atau hadiah kecil yang menunjukkan perhatian pada sesuatu yang penting. Yang dibutuhkan hanyalah setangkai bunga mawar, sebatang coklat ataau sebuah memo kecil, atau apa saja yang bisa menyertai bisikan yang keluar dari lubuk hati yang dalam.
  4. Upayakan komunikasi itu mengalir.
    Buatlah jadwal dan lakukan aktivitas yang melibatkan waktu bersama-sama, misalnya : kegiatan olah raga. Gunakan waktu itu untuk menggali secara mendalam suatu pokok persoalan yang pada umumnya tidak mendapat perhatian.
  5. Jika pasangan tengah bermasalah, Anda harus memberi perhatian yang seksama.
    Tatkala terjadi masalah, itulah waktu yang tepat untuk menjadi sahabat dari orang yang paling Anda kasihi. Pada saat-saat seperti itu, pikiran dan perasaan muncul ke permukaan dan perlu diungkapkan.

Mengapa hanya perlu tips sederhana untuk memperbaiki komunikasi dalam keluarga?, jawabannya adalah karena banyak keluarga kini tidak mampu lagi membangun aktivitas mendasar yang paling sederhana yang sesungguhnya amat penting. Dengan kesediaan hati untuk melakukan hal-hal yang sederhana, sesuatu yang besar dan baik akan segera tumbuh kembali dalam keluarga anda.

Sumber : Jawaban.com

Comments

No responses to “Perbaiki Komunikasi Pernikahan Anda”

Poskan Komentar