Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Alm Paus Yohanes Paulus II, Selangkah Lagi Sebagai Orang Suci

261209-CHN-2 Almarhum Paus Yohanes Paulus II saat ini tinggal selangkah lebih dekat untuk menjadi orang suci, Sabtu (19/12) setelah Paus Benedict XVI menandatangani sebuah dekrit yang mengakui almarhum Paus itu sebagai "pahlawan kebajikan" dan menyatakan dirinya "terhormat," demikian keterangan yang dirilis oleh Vatikan.

Sebuah keajaiban yang dikaitkan dengan Paus Yohanes Paulus II harus diverifikasi baginya untuk menyatakan bahwa dia orang yang "diberkati," atau dibeatifikasi. Keajaiban kedua harus dikonfirmasi lagi untuk kemudian secara resmi dikanonisasi, atau dinyatakan sebagai orang suci.

Terlalu dini untuk mengatakan berapa lama proses itu dapat berlangsung, ungkap juru bicara Vatikan Romo Federico Lombardi.

"Memang diakui bahwa ia memimpin kehidupan Kristen dalam cara yang heroik dan luar biasa," Lombardi mengatakan kepada CNN. "Ini merupakan langkah fundamental di jalan menuju kesucian. Sekarang tibalah tahap pemeriksaan keajaiban, yang merupakan bukti kuasa Ilahi yang dilakukan oleh Paus Yohanes Paulus II atas nama Allah."

Paus Yohanes Paulus II meninggal pada 2 April 2005, pada usia 84 tahun. Beberapa bulan setelah kematiannya, penerusnya mengatakan ia telah meniadakan aturan-aturan yang biasanya membutuhkan waktu lima tahun untuk menumenunggu hingga masa beatifikasi.

Aturan ini dimaksudkan untuk memberikan waktu mencari bukti dan saksi yang mendukung kesucian dan untuk menunggu rasa duka menghilang setelah kematiannya.

Tetapi Yohanes Paulus sendiri menjadi preseden tahun 1999 ketika ia diberikan dispensasi dan membiarkan Mother Teresa' dinyatakan sebagai orang suci hanya dua tahun setelah kematiannya.

"Ini adalah sukacita, saya kira, bagi gereja Katolik karena Paus Yohanes Paulus II sangat dikagumi dan dicintai oleh begitu banyak orang, bukan hanya di gereja, tetapi juga di dunia," tambah Lombardi. "Ini merupakan kabar baik bagi kita semua."

Paus Benediktus menandatangani dekrit lain yang menyatakan Paus Pius XII, yang meninggal pada tahun 1958, sebagai terhormat, ungkap Vatikan.

"Penyebab atas kesucian Paus Pius XII sudah dinyatakan lama sekali," kata Lombardi. "Surat keputusan yang dibuat hari ini bukan penilaian sejarah atas Paus Pius XII atau atas kepausannya. Ini adalah penghakiman bahwa gereja memberikan Pius XII kesucian pribadi, dalam prestasi kehidupan Kristen. Jemaat dan Paus tidak punya keraguan bahwa Paus Pius XII memimpin kehidupan orang Kristen dalam cara yang luar biasa dan heroik."

Sumber : CNN/Jawaban.com

Comments

No responses to “Alm Paus Yohanes Paulus II, Selangkah Lagi Sebagai Orang Suci”

Poskan Komentar