Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Mau Beli Rumah ?

Sangat menyenangkan bisa memiliki rumah, namun sering kali kita harus berpikir seribu kali untuk membelinya. Ada ketakutan jika tidak bisa membayar cicilannya. Pihak bank memang mempunyai beberapa persyaratan tersendiri yang harus dipenuhi oleh kamu. Tapi ada baiknya mempersiapkan diri lebih matang daripada ditengah jalan terbelit oleh cicilan rumah.

Untuk mengatasi ketakutan tersebut diperlukan sebuah strategi dan kebulatan tekad Anda :

1. Mantapkan motivasi.

Untuk mendapatkan rumah/apartemen idaman, kamu harus menentukan secara spesifik seperti target waktu, persentase penyisihan pendapatan dan harga rumah/apartemen. Tentukan serealistis mungkin, jujurlah dengan kemampuan keuangan Anda. Jangan sampai niat untuk investasi ini justru membuat kamu sakit-sakitan karena terlalu hemat sampai-sampai mengurangi porsi makan.

2. Lunasi semua hutang.

Sebelum Anda mengajukan kredit, selesaikan dulu hutang-hutang Anda terutama kartu kredit. Jangan menganggap remeh bunga hutang kartu kredit Anda karena bunga yang dikenakan biasanya cukup tinggi (rata-rata sekitar 3-3,5% per bulannya).

3. Kontrol tabungan.

Jika Anda tidak punya niat untuk menabung, lupakan saja impian Anda. Selain itu bank atau pengembang biasanya akan meminta slip gaji atau rekening koran untuk proses verifikasi lolos tidaknya permintaan kredit. Jadi jika kamu adalah pekerja wiraswasta, lebih baik setorkan secara rutin semua pendapatan kamu ke bank sehingga catatan keuangan kamu pun dapat terlihat dengan jelas.


4. Jangan mengambil cicilan lain.

Untuk semua total cicilan yang ingin kamu ambil, lebih baik tidak lebih dari 1/3 dari pendapatan. Jika total hutang kamu lebih dari itu, lebih baik urungkan dahulu niat itu. Sementara itu kamu bisa meningkatkan dahulu angka di tabungan atau mencari sumber pendapatan lainnya.

Nah, mulai sekarang mulai hitung-hitung pendapatan Anda dan segera wujudkan impian Anda untuk memiliki rumah.

Sumber : twentea.com/dan/jawaban.com

Comments

No responses to “Mau Beli Rumah ?”

Poskan Komentar