Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Gaji Cepat Habis ?

Gaji tiap bulan rasanya hanya numpang lewat. Dalam hitungan minggu bahkan hari, gaji bulanan yang Anda terima tahu-tahu sudah tidak berbekas. Easy come easy go. Istilah ini sepertinya tepat bagi Anda jika Anda mengalami masalah gaji yang langsung habis dalam sekejab.

Diperlukan komitmen dan disiplin diri yang tinggi untuk bisa menabung dan tidak menghamburkannya begitu saja. Apalagi jika Anda memiliki kebutuhan jangka pendek yang cukup mendesak, seperti kelahiran anak, pernikahan, dll. Berikut adalah tips yang dapat Anda lakukan untuk merencanakan aliran uang Anda tetap berada di jalur yang diinginkan.

1. Selalu berpikir jauh ke depan!

Buat daftar pengeluaran yang cukup besar yang harus Anda penuhi di masa depan, seperti rencana untuk kembali kuliah, pernikahan, kelahiran anak, dll. Buatlah tabungan khusus untuk kebutuhan ini dengan memasukkannya secara rutin dari gaji bulanan Anda.

2. Buatlah perencanaan keuangan khusus untuk bulan dan tahun ke depan, sementara itu buat juga perhitungan pemasukan dan pengeluaran rata-rata per bulan Anda.

Lihat juga pos pengeluaran yang bisa Anda kurangi. Misalnya untuk tagihan telepon yang membludak dengan mengurangi intensitas menelepon, atau membeli kebutuhan sandang seperti baju atau sepatu yang masih bisa ditunda.

3. Simpan bon dan kuitansi yang Anda terima, baik itu pembayaran pulsa telepon di ATM atau ongkos makan siang.

Hitung lagi pengeluaran Anda per harinya dan lihatlah apakah semua pengeluaran itu cukup berarti? Atau masih banyak pengeluaran tidak perlu di dalamnya? Carilah alternatif dari masing-masing pengeluaran tersebut. Misalnya saja dengan makan di kanton dibandingkan makan di foodcourt bersama rekan-rekan kerja Anda, atau naik ojek dibandingkan taksi jika jarak perjalanan Anda tidak terlalu jauh. Potongan kecil seringkali bisa menjadi sangat berarti jika dihitung per tahun.

4. Hindari godaan, hal yang paling sulit untuk dilakukan khususnya jika terpajang kata "DISCOUNT" besar-besaran.

Pikirkan secara matang apakah Anda memang membutuhkannya? Apakah itu merupakan kebutuhan yang mendesak dan pasti akan langsung Anda gunakan?

5. Menabunglah, tapi berikan ‘reward' pada diri Anda jika target keuangan sudah terpenuhi.

Buatlah target nilai tabungan Anda lalu berikan hadiah kepada diri Anda jika sudah mencapai target tersebut.

6. Simpan dan catat segala hal yang berkaitan dengan keuangan Anda.

Selain untuk catatan keuangan Anda, juga untuk menghindari penipuan ataupun pencurian identitas.

7. Berlibur pun butuh biaya.

Tidak ada salahnya Anda mulai menabung untuk liburan daripada harus meminjam uang yang Anda sendiri tidak tahu kapan Anda dapat mengembalikannya.

Sumber : kompas/jawaban.com

Comments

No responses to “Gaji Cepat Habis ?”

Poskan Komentar