Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Menyusun Rencana Keuangan Rumah Tangga

Hidup berkeluarga pada masa kini harus pintar-pintar mengurus keuangan karena bila itu tidak dilakukan maka bersiaplah masalah akan segera datang ke dalam kehidupan Anda dan pasangan. Salah satu yang perlu dilakukan bagi mereka yang ingin terlepas dari segala problematika ini adalah dengan melakukan perencanaan keuangan tahunan.

Bila meminjam kepada keuangan di dalam sebuah negara, setiap pasangan seharusnya memiliki yang namanya  Anggaran Pendapatan Belanja Negara (ABPN) rumah tangga. Jangan buru-buru pusing dengan istilah ini karena mudah kok melakukannya. Berikut langkah-langkah menerapkan anggaran belanja tahunan:

1. Tentukan Anggaran Rutin dan Khusus.

Bagi Anda dan pasangan yang baru pertama kali melakukan hal ini tentu tak akan terlalu sulit memisahkan pengeluaran-pengeluaran mana yang rutin dan hanya terjadi di saat-saat tertentu (khusus). Hanya saja yang diperlukan pada langkah awal ini adalah kesepakatan diantara Anda berdua mengenai besarnya jumlah uang yang diposkan ke masing-masing pengeluaran. 

2. Tentukan Prioritas.

Langkah selanjutnya adalah menentukan pengeluaran manakah yang harus didahulukan. Kebutuhan yang paling utama sebisa mungkin mendapatkan porsi yang besar daripada pengeluaran-pengeluaran lainnya. Lebih baik menggunakan teknik prosentase atau langsung dalam bentuk nominal tertentu ketika melakukan skala prioritas pengeluaran? Jawabannya adalah terserah Anda. Memang ada perencana keuangan yang menyebutkan sekian persen untuk pengeluaran A, sekian persen ini untuk pengeluaran B, namun itu sebenarnya adalah contoh. Jangan terpatok Anda harus melakukan hal yang sama. Bila Anda lebih bisa menggunakan sistem nominal maka pakailah cara tersebut.

3. Sistem Kalender.

Setelah prediksi anggaran dibuat Anda berdua, selanjutnya perlu rencana yang lebih konkret. Anda beberapa metode yang bisa diambil untuk merealisasikan anggaran tahunan, salah satunya lewat sistem kalender. Caranya, buat daftar yang memuat tentang kapan, berapa, dan untuk apa pengeluaran dilakukan. Lalu konversikan pada kalender yang ada di rumah.

4. Patuhi yang Sudah Dibuat.

Setelah seluruh anggaran selesai dibuat bersama pasangan, langkah selanjutnya adalah lakukan apa yang sudah Anda berdua tuliskan dan catat apa saja yang telah dilakukan. Catatan ini akan sangat diperlukan sebagai bahan evaluasi apakah tindakan Anda sudah sesuai dengan rencana dan anggaran.

Akhir dari tulisan ini, selamat melakukan perencanaan keuangan di tahun ini. Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : Kompas.com/bm/jawaban.com

Comments

No responses to “Menyusun Rencana Keuangan Rumah Tangga”

Poskan Komentar