Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Jual Beli Via Online Dengan Aman

Kemajuan tekhnologi saat ini semakin membuat orang malas untuk mengeluarkan tenaga dan beraktifitas karena banyak hal yang bisa digantikan dengan tekhnologi. Informasi atau barang apapun yang kita inginkan seringkali sudah tersedia secara online. Meskipun demikian, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan agar tetap aman saat bertransaksi secara online dan tidak menjadi korban penipuan.

Kaskus, chip ataupun Forum Ponsel merupakan situs-situs yang terkenal dengan transaksi online-nya. Banyak sekali transaksi yang terjadi dalam sehari. Lalu bagaimana Anda dapat membedakan mana yang benar-benar serius ingin menjual barang mereka atau hanya ingin menipu Anda? Berikut tips-tips yang perlu Anda perhatikan:

1. Lihat Kredibilitas Penjual

Biasanya kredibilitas dan keseriusan penjual dapat terlihat dari cara mereka mengiklankan barang dagangannya. Biasanya informasi yang diberikan mengenai barang dagangannya diberikan secara lengkap dan juga menyertakan nomor telepon yang dapat dihubungi. Selain itu biasanya mereka juga tidak sungkan bila diajak COD (Cash on Delivery). Yang tak kalah penting adalah dukungan dari mantan-mantan pembeli yang sudah pernah bertransaksi dengan penjual tersebut, biasanya mereka akan meninggalkan komentar positif.

2. Cara Terbaik Bagi Newbie Adalah COD

Jika Anda ingin melakukan transaksi untuk barang yang cukup mahal dan dilakukan secara online, ada baiknya Anda menggunakan sistem COD atau Cash on Delivery, dimana penjual dan pembeli saling bertemu untuk melihat kondisi barang. Jika dicapai kata sepakat, transaksi terjadi di tempat saat itu juga. Memang untuk cara ini Anda harus mengeluarkan usaha untuk bertemu, namun inilah cara yang cukup aman.

3. Gunakan Perantara

Jika COD menjadi hal yang tidak mungkin untuk Anda lakukan, Anda bisa menggunakan jasa perantara. Mereka adalah segelintir orang yang tergerak hatinya untuk menjadi perantara antara pembeli dan penjual semenjak banyaknya kasus penipuan secara online. Tugas mereka adalah menampung sementara uang hasil dagangan sampai barang diterima oleh pembeli, lalu uang tersebut dikirimkan kepada penjual. Setiap perantara memiliki bayaran yang berbeda-beda sehingga pastikan Anda mendapatkan perantara dengan bayaran yang rendah.

Semoga tips-tips tadi dapat membantu Anda saat bertransaksi online dan terhindar dari penipuan. Transaksi online itu aman selama Anda bisa memilih pembeli yang reliable.

Sumber : twentea/jawaban.com

Comments

No responses to “Jual Beli Via Online Dengan Aman”

Poskan Komentar