Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

10 Cara Mudah Bebas Kecanduan Belanja

Apakah Anda memiliki gadget terbaru saat ini? Apakah lemari Anda penuh dengan sepatu atau baju yang belum pernah Anda pakai? Apakah Anda merasa janggal jika pergi tanpa memegang credit card? Apakah Anda selalu pulang kerumah dengan membawa benda yang tidak Anda rencanakan untuk beli sebelumnya? Apakah Anda belanja untuk menghilangkan rasa sedih atau kecewa Anda? Apakah mall atau belanja lewat internet menjadi sesuatu yang menarik untuk Anda?

Jika Anda menjawab ‘ya' pada beberapa pertanyaan diatas, Anda mungkin mengalami kecanduan berbelanja, yang biasa disebut dengan shopaholism.

Orang yang berbelanja akan merasa lebih baik karena aktifitas tersebut melepaskan zat endorphins dan dopamine di otak manusia. Namun efeknya, tidak baik bagi dompet Anda. Bahkan banyak orang yang terlilit hutang karena kecanduan yang satu ini. Apalagi dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh kartu kredit.

Beberapa tips berikut, akan membantu Anda melepaskan kecanduan terhadap kecanduan berbelanja. Usaha Anda ini pastinya akan berdampak positif bagi kehidupan Anda, keluarga dan keuangan Anda.

Bedakan antara kebutuhan dan keinginan

Belajar untuk mengenali apa yang menjadi kebutuhan Anda, dan mulai berlatih untuk mengendalikan keinginan untuk membelanjakan uang pada hal-hal yang tidak dibutuhkan. Ubah pola penggunaan uang Anda.

Apa yang Anda butuhkan misalnya adalah sepasang sepatu untuk ke kantor karena sepatu Anda telah rusak dan Anda tidak memiliki sepatu lagi. Sedangkan keinginan adalah sesuatu yang tanpanya Anda, kehidupan masih dapat berjalan dengan baik. Contohnya membeli CD album lagu penyanyi favorit Anda.

Jauhi mall dan pusat perbelanjaan

Jangan mencobai diri Anda sendiri, apa lagi jika Anda sedang kecewa, sedih, marah ataupun sendang mengalami masalah, Jauhilah pusat perbelanjaan.

Jangan mudah terpancing dengan kata SALE

Ketika Anda berjalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau mall, jangan mudah terpancing berbelanja hanya karena sedang SALE atau diskon. Jangan terpaku di depan toko yang sedang diskon ataupun SALE, cepat pergi dari sana.

Buat buget dan pastikan Anda komitmen dengan hal itu

Buat list pemasukan Anda setiap bulannya, lalu sisihkan 10% dari penghasilan Anda untuk di tabung, baru setelah itu buat list pengeluaran (trasnportasi, makanan, dll). Pastikan Anda menyediakan uang untuk pengeluaran bulanan Anda, disiplinkan diri Anda.

Beri Hadiah Berdasarkan Wish List

Ketika membeli hadiah, cari tahu apakah teman atau orang yang Anda kasihi memiliki wish list, atau sesuatu yang benar-benar mereka butuhkan. Hal ini bukan hanya memberikan hadiah yang menjawab kebutuhan, tetapi juga membantu Anda membeli apa yang perlu Anda beli. Mungkin hadiah Anda bukanlah suatu kejutan, atau mahal, namun juga tidak menjadi barang yang tidak terpakai bagi si penerima.

Tulis setiap pengeluaran Anda

Dengan mencatat setiap pengeluaran Anda, keuntungannya adalah Anda bisa mengevaluasi kemana saja uang Anda mengalir. Anda bisa mulai memilih mana yang bisa di kurangi dan mana yang tidak. Selain itu Anda bisa melihat apa yang paling penting dalam pengeluaran Anda.

Buat catatan sebelum berbelanja

Coba rencanakan pembelanjaan Anda. Sebelum pergi ke mall atau pusat perbelanjaan, tuliskan apa saja yang menjadi kebutuhan Anda yang perlu Anda beli atau habis. Setelah sampai di pusat perbelanjaan, fokus pada daftar yang telah Anda buat. Jangan beli sesuatu di luar daftar yang ada. Selain itu, pastikan Anda membayar semuanya tunai, jangan gunakan kartu kredit.

Lakukan aktifitas alternatif

Buat diri Anda sibuk dengan aktifitas lain, selain berbelanja. Berolahraga atau jogging akan menjadi alternative yang baik. Setelah pulang kerja, Anda bisa memilih untuk membaca buku, nonton tv, atau olahraga. Dengan cara ini Anda dapat mengurangi aktifitas pergi ke mall.

Cari komunitas pendukung

Minta teman atau keluarga Anda untuk menjadi orang dimana Anda bisa mempertanggung jawabkan komitmen Anda. Anda membutuhkan seseorang yang dapat mendukung Anda dalam melaksanakan komitmen Anda. Pasti ada orang-orang yang mengasihi Anda dan ingin yang terbaik bagi Anda.

Beri diri Anda sendiri hadiah

Jika Anda sudah berhasil melakukan tips ini selama satu atau dua bulan, beri diri Anda hadiah atau penghargaan. Ini tidak harus mahal (ingat : Anda memiliki buget yang harus Anda patuhi).

Ingatlah bahwa kecanduan belanja itu dapat dihentikan. Dan Anda bisa melakukannya serta menjalani kehidupan yang bebas kembali. Sama seperti kecanduan yang lain, kesuksesan dalam hal ini ditentukan oleh kemauan Anda sendiri.

Sumber : Berbagai Sumber/VM seperti dikutip dalam www.jawaban.com

Comments

No responses to “10 Cara Mudah Bebas Kecanduan Belanja”

Poskan Komentar