Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Rahasia 7 Jemaat : Smirna

 

 

Arti Nama :
Mur = Pahit

Deskripsi :
Jemaat Teraniaya

Gelar Kristus :
Yang Awal dan Yang Akhir
Yang Telah Mati dan Hidup Kembali

Yang Disediakan Tuhan :
Tuhan mau memberikan awal yang baru bagi kita masing-masing dan Tuhan juga mau memberikan kemampuan untuk mencapai garis akhir

Kita menerima dengan iman bahwa semua kelemahan dan segala sesuatu yang negatif telah mati bersama Kristus

Tuhan menjanjikan kehidupan yang akan memuliakan nama Tuhan, serta penuh kemuliaan Tuhan

Pujian :
Susah dan miskin, namun kaya - Difitnah orang Yahudi, yang adalah jemaah Iblis - Kesetiaan di bawah penganiayaan

Nasehat :


Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita - Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antara kamu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari - Hendaklah engkau setia sampai mati



Ancaman Hukuman :
Tidak Ada

Yang Diperangi :
Fitnah, Penjara, Kemiskinan, Penganiayaan


Fitnah - dikalahkan oleh kebenaran
Penjara - dikalahkan oleh kemerdekaan dari Tuhan
Kemiskinan - dikalahkan oleh kelimpahan dari Tuhan
Penganiayaan - dikalahkan oleh kesetiaan sampai akhir

Yang Kita Minta :
Supaya teguh dan tahan menderita

Upah Pemenang :
Dikaruniakan mahkota kehidupan - Tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua

Pekerjaan Kekal :

Pengurus Yerusalem Baru

Teks Alkitab  (Wahyu 2 : 8 - 11) :


"Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Smirna: Inilah firman dari Yang Awal dan Yang Akhir, yang telah mati dan hidup kembali: Aku tahu kesusahanmu dan kemiskinanmu--namun engkau kaya-- dan fitnah mereka, yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian: sebaliknya mereka adalah jemaah Iblis. Jangan takut terhadap apa yang harus engkau derita! Sesungguhnya Iblis akan melemparkan beberapa orang dari antaramu ke dalam penjara supaya kamu dicobai dan kamu akan beroleh kesusahan selama sepuluh hari. Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat: Barangsiapa menang, ia tidak akan menderita apa-apa oleh kematian yang kedua."



Pujian (ayat 9). Jemaat Smirna dianiaya karena mereka tidak mau kompromi dan tidak mau berkata bahwa Kaisar itu Tuhan. Smirna adalah pusat yang penting bagi penyembahan bidat kekaisaran Romawi, dan setiap orang  yang menolak mengakui Kaisar sebagai Tuhan pasti disisihkan dari serikat dagang. Ini berarti kehilangan pekerjaan dan kemiskinan. Kata kemiskinan di sini berarti 'miskin papa, sama sekali tidak punya apa-apa'.

Juga ada komunitas Yahudi yang besar di Smirna. Mereka tidak perlu mengikuti bidat kekaisaran karena agama mereka yaitu Yudaisme, diakui oleh Roma ; tetapi mereka pasti tidak mau bekerja sama dengan iman Kristen. Jadi, baik dari kalangan Yahudi maupun non-Yahudi, orang Kristen di Smirna menerima ejekan dan penderitaan.

Tetapi mereka kaya ! Mereka hidup untuk nilai-nilai kekal yang tidak akan pernah berubah dan kekayaan yang tidak akan pernah dirampas. Bahkan penderitaan mereka bagi Kristus hanya menambah kekayaan mereka !

Rumah Ibadat (Sinagoga) Yahudi telah menjadi Rumah Ibadat Satan. Orang Yahudi sejati bukan orang Yahudi secara fisik atau ras, melainkan secara rohani (Roma 2 : 17 - 29). Perjuangan kita bukan melawan daging dan darah, tetapi melawan musuh kita, si Iblis, yang memakai manusia untuk mencapai tujuannya. Kelompok agama apapun, Yahudi atau non-Yahudi, yang tidak mengakui Yesus Kristus sebagai Putra Bapa sebenarnya sedang bertindak melawan kehendak Tuhan.

Nasehat (ayat 10 - 11). Tidak ada celaan bagi Jemaat Smirna ! Mereka mungkin tidak mendapat penerimaan manusiawi, tetapi mereka menerima pujian Tuhan. Meskipun demikian, Tuhan memberi mereka kata-kata nasehat saat mereka menghadapi penderitaan yang semakin meningkat : "Jangan Takut !"

Ia menjamin mereka bahwa Ia tahu rencana Iblis dan sepenuhnya mengendalikan situasi. Beberapa orang percaya akan dipenjara dan diadili sebagai pengkhianat Romawi. Tetapi penderitaan mereka tidak akan lama ; di Alkitab, sepuluh hari berarti 'waktu yang singkat' (Kejadian 24 : 55 ; KPR 25 : 6). Hal yang penting adalah kesetiaan, berdiri teguh dengan Kristus tidak peduli apa yang diancamkan pemerintah.

"Mahkota Kehidupan" adalah mahkota yang dihadiahkan kepada pemenang-pemenang pertandingan atletik tahunan. Smirna adalah peserta kunci dari pertandingan itu, sehingga janji ini akan sangat bermakna bagi orang-orang percaya yang tinggal di sana. Tuhan menegaskan janji yang diberikan Yakobus (1 : 12) dan meyakinkan umat-Nya bahwa tidak ada yang perlu ditakutkan. Karena mereka percaya kepada-Nya, mereka akan menjadi pemenang-pemenang dalam pertandingan iman (Ibrani 12 : 1 - 3) - dan sebagai pemenang mereka tidak perlu takut apapun. Bahkan jika mereka menjadi martir, mereka akan diantar kepada kemuliaan, dengan mengenakan mahkota ! Mereka tidak akan pernah menghadapi hukuman kematian kedua yang mengerikan itu, yakni lautan api (Wahyu 20 : 14 ; 21 : 8).

Menjadi orang Kristen yang penuh pengabdian itu mahal harganya, dan di beberapa tempat lebih berat daripada di tempat lain. Saat tekanan akhir zaman meningkat, penganiayaan akan juga meningkat ; dan umat Tuhan perlu bersiap-siap (1 Petrus 4 : 12 dst). Dunia mungkin menyebut kita "orang Kristen yang miskin", tetapi di pandangan Tuhan kita kaya !

Sumber : Team JKI IK Kerajaan & Mahanaim dalam buku "Rahasia 7 Jemaat"

Comments

No responses to “Rahasia 7 Jemaat : Smirna”

Poskan Komentar