Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Racun Bagi Keuangan Anda

Semua kemudahan pinjaman yang disediakan saat ini, sebaiknya diwaspadai dengan penuh kehati-hatian. Apabila Anda membutuhkan uang, jangan cepat tergiru dengan kemudahan pinjaman yang ditawarkan dan jangan asal memanfaatkan semua peluang yang ada. Karena itu, sebaiknya perhatikan dulu tips-tips berikut ini terlebih dahulu sebelum Anda menentukan langkah keuangan Anda selanjutnya :

KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Sekarang ini memperoleh uang sangat mudah, KTA menawarkan pinjaman tunai langsung cair dalam 1 hari. Namun jangan tertipu, di balik semua kemudahan itu tersirat aturan-aturan yang akan merugikan Anda, seperti suku bunga yang cukup tinggi. Jika tidak mendesak, sebaiknya hindari KTA.

Pinjaman Bank

Pinjaman bank ini lebih rumit daripada KTA dalam hal administrasi serta harus ada jaminan dan belum tentu disetujui. Biasanya, urusannya pun memakan banyak waktu karena banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi. Biasanya orang melakukan pinjaman bank ini bila ingin meminjam dalam skala besar. Masalahnya adalah, pinjaman yang besar akan menjadikan bunganya juga besar. Jika Anda ingin melakukan pinjaman bank, pastikan Anda mampu membayarnya dan carilah bank dengan suku bunga terendah.

Penarikan tunai kartu kredit

Anda harus berhati-hati bila mempunyai kartu kredit, karena Anda dapat dengan mudahnya menggunakan kartu kredit tersebut dan membuat Anda terlilit hutang yang tidak Anda sadari akan semakin besar jumlahnya. Salah satu fitur kartu kredit yaitu adalah penarikan tunai melalui ATM. Yang perlu Anda ketahui adalah bunga dari penarikan ini hampir 2x lipat dari bunga cicilan kartu kredit itu sendiri.

Rumah pegadaian

Sama seperti bank, Anda diharuskan untuk menggadaikan barang milik Anda dengan sejumlah uang. Barang Anda akan dihargai jauh di bawah harga pasaran dan tidak bisa ditawar. Jika Anda menginginkan kembali barang gadaian Anda, maka akan dijual dengan harga pasaran kepada Anda.

Rentenir

Biasanya rentenir akan memberikan bunga sesuka hati dan super besar. Biaya pengembalian bisa 2-3x lipat dari pokok pinjaman. Rentenir biasanya menggunakan kekerasan jika kamu tidak bayar tepat pada waktunya atau mereka akan membebankan bunga yang sangat tinggi atas keterlambatan Anda per hari.

Semua hal di atas sebaiknya dihindari jika memang tidak terpaksa, apalagi meminjam kepada rentenir. Sebaiknya Anda mulai menabung dan berhemat. Anda juga dapat berinvestasi kecil-kecilan, seperti membeli emas. Atau Anda dapat meminjam uang kepada keluarga atau teman dekat yang biasanya tidak memberikan bunga. Namun ingat, jaga kepercayaan mereka terhadap Anda. Sekali terjebak ke dalam belenggu hutang, Anda akan susah untuk keluar.

Source : twentea/lh3/jawaban.com

Comments

No responses to “Racun Bagi Keuangan Anda”

Poskan Komentar