Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Syarat Nikah Tidak Hanya Cinta Tapi Juga Uang

Saat kalimat "Maukah kau menikahiku?" dijawab dengan "Iya", maka hal lain yang harus Anda pikirkan adalah pelaksanaan dari kalimat tersebut. Anda berdua perlu merencanakan siapa yang akan membayar untuk hal-hal tertentu, berapa uang yang harus disiapkan, apa saja yang harus dibeli atau dilakukan.

Di negara barat, biasanya keluarga pihak perempuan yang membayar resepsi pernikahan dan keluarga laki-laki yang membiayai makan malam kedua keluarga. Hal ini bisa dijadikan masukan untuk Anda, namun kita tidak bisa terpatok di situ.

Ada banyak hal dalam melaksanakan pernikahan tersebut yang membutuhkan biaya, antara lain : cincin pernikahan, bulan madu, akomodasi bagi keluarga yang ada di luar kota, bunga buat pengantin wanita, bunga di dalam gereja maupun tempat resepsi, hadiah untuk pengiring pengantin, pakaian pengantin (termasuk di dalamnya gaun, jas untuk pengantin dan pengiring pengantin), make-up maupun salon, mobil pengantin, tempat resepsi, makanan, dekorasi, fotografi, musik, cinderamata, dan tak kalah penting adalah upacara pernikahan sesuai adat Anda dan pasangan.

Karena pernikahan dua orang berarti penggabungan dua keluarga, ada baiknya jika Anda berdua juga dapat berkonsultasi dengan keluarga pasangan, khususnya mengenai upacara adat yang perlu dipersiapkan. Untuk biaya upacara ini, tidak semuanya harus ditanggung oleh laki-laki.

Bila Anda ingin menggunakan jasa wedding organizer, biasanya Anda tidak perlu mengurus hal-hal kecil yang bersangkutan dengan pernikahan. Namun di sisi lain, uang yang perlu Anda keluarkan jauh lebih besar kalau dibandingkan kalau dikerjakan sendiri. Hal ini tergantung dari kesepakatan Anda berdua.

Hal ini mudah dilakukan jika salah satu pihak dapat menanggung semua biaya, biasanya dari pihak laki-laki. Namun, jika kondisi keuangan Anda berdua tidak jauh berbeda, maka Anda berdua dapat membuat kesepakatan untuk menabung uang sejumlah tertentu untuk biaya pernikahan.

Anda perlu mencari tahu dan kemudian menghitung semua biaya yang harus Anda keluarkan untuk sebuah pernikahan. Total biaya tersebut Anda bagi dua, dan Anda bagi dengan jumlah berapa bulan biaya tersebut harus tercapai. Fokuskan semua keuangan Anda pada masalah ini terlebih dahulu, bila Anda ingin melangsungkan pernikahan dalam waktu satu tahun ke depan.

Bila biaya tersebut masih sangat tinggi, Anda dapat memotong biaya yang ada sebisa mungkin. Anda juga dapat mencari pinjaman uang, namun sebaiknya jangan dilakukan jika masih ada jalan lain yang dapat Anda tempuh. Misalnya, jika ada uang lebih, sebaiknya Anda pakai untuk membeli cinderamata.

Semoga bermanfaat.

Source : youngmoney/lh3/jawaban.com

Comments

No responses to “Syarat Nikah Tidak Hanya Cinta Tapi Juga Uang”

Posting Komentar