Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Tips Ampuh Menghadapi Istri Bawel

Pasangan suami istri yang bekerja setelah menikah, seringkali menyadari tidak mudah untuk bertemu dan membahas berbagai macam hal mengenai rumah tangga maupun hubungan di antara mereka. Yang sering terjadi, salah satu pasangan menarik diri atau bahkan seorang suami yang muak terhadap istrinya yang selalu mengeluh dan merengek. Jadi jika Anda selalu berlindung di balik surat kabar sementara istri Anda terus mengomel, berikut adalah tips bagi Anda untuk belajar berurusan dengan istri yang bawel.

Tetap Melihat Pada Konteks Masalahnya

Mengomel merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan tetapi belum tentu efektif – sebuah cara yang digunakan para istri untuk menyampaikan keluhannya. Jika Anda merasa istri Anda tiba-tiba suka mengomel, pikirkan tentang apa kira-kira yang menjadi penyebab perubahannya. Dan dalam sembilan dari sepuluh kasus Anda akan menemukan bahwa Anda sudah melakukan sesuatu yang mengganggunya. Mungkin Anda telah berjanji akan berada di rumah pukul 8 malam lalu melupakannnya karena ada meeting dadakan yang harus Anda hadiri. Dan ketika Anda tiba di rumah dalam keadaan lelah dan lapar, Anda malah menemukan istri Anda sudah siap untuk mengomel. Dalam situasi seperti ini, katakan padanya situasi yang sebenarnya dan minta maaflah karena tidak meneleponnya untuk mengabarkan Anda akan pulang terlambat malam ini. Istri Anda mungkin saja akan terus meluapkan kekesalannya, namun sekali ia tahu Anda telah berkata yang sebenarnya dan mengakui kesalahan, ia pasti akan tenang. Salah satu cara paling efektif untuk menghadapi omelan istri Anda adalah dengan mencari tahu apa yang menyebabkannya mengomel dan tanggap mengatasi situasi.

Hindari Menggunakan Kata-Kata Yang Kasar

Ketika menghadapi istri yang bawel, pria biasanya meresponinya dengan konfrontasi yang bermusuhan – saling melemparkan kata-kata kemarahan dan berusaha memenangkan pertempuran sambil membuat istri Anda sengsara. Hal ini justru akan membawa Anda berdua menciptakan masalah baru sedangkan masalah yang sebenarnya tetap tidak terpecahkan. Sebaiknya hadapi omelan istri Anda dengan tenang dan biarkan istri tahu bahwa Anda bersedia membahas pangkal masalahnya setelah ia dapat menenangkan diri.

Memahami Cara Pandang Yang Berbeda Terhadap Masalah yang Sama

Istri Anda mungkin mengomeli Anda karena ia sangat mencintai Anda dan mengkonfrontasi habis-habisan masalah-masalah biasa tapi sebenarnya mengganggu. Seringkali masalahnya cukup sepele seperti Anda lupa membuang sampah atau meninggalkan handuk basah di tempat tidur. Tetapi hal sepele ini bisa membangkitkan ketakutan istri Anda akan kurangnya tanggung jawab Anda di sekitar rumah atau kurangnya kepekaan Anda terhadap kenyamanan orang lain. Untuk menghentikan omelannya, pahami kekuatiran istri Anda. Pilihlah satu waktu dalam satu hari ketika Anda berdua sedang tidak tertekan dan jelaskan kepadanya bahwa jika Anda melupakan untuk melakukan hal-hal itu tidak berarti merefleksikan kemampuan Anda dalam memenuhi tanggung jawab rumah tangga.

Terkadang, Anda Perlu Bertahan

Sebuah cara yang efektif saat menghadapi istri yang bawel adalah sekali-kali bertahan dengan pendirian Anda. Pertimbangkanlah dalam hal apa Anda perlu mengambil sikap dan bertahan dengan pandangan Anda. Biarkan istri Anda tahu dengan cara yang tenang dan tanpa emosi bahwa sebagai pasangannya, Anda harus diajak bicara dengan hormat dan penuh pertimbangan. Yakinkan istri Anda bahwa Anda bersedia membicarakan masalah itu pada waktu yang tepat. Jika istri Anda masih tetap mengomel, ambil waktu untuk menyendiri dan biarkan istri Anda tahu bahwa Anda bersedia diajak bicara hanya jika ia telah berhasil menangani emosinya.

Abaikan Saja

Mengabaikan istri Anda yang sedang mengomel seringkali menjadi salah satu trik yang dapat Anda lakukan. Biarkan istri Anda mengomel dan jika Anda beruntung, ia akan menghentikan omelannya. Kemungkinan lainnya adalah sikap Anda yang dingin dan kurang respon akan membuatnya bosan dan akhirnya menutup mulutnya sendiri. Namun dalam hal ini sangat penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab ketidaksenangan istri Anda. Jika ini ada hubungannya dengan tugas seputar rumah tangga, sekali-sekali menyenangkan istri Anda tidak akan menyakitkan. Tapi jika Anda menduga hal ini ada hubungannya dengan sesuatu dalam hubungan Anda berdua, jangan abaikan masalah ini hanya karena Anda tidak suka dengan cara istri Anda menyampaikannya.

Mengalihkan Perhatian Istri Anda

Saran-saran di atas efektif digunakan untuk jangka panjang dalam menghadapi omelan istri Anda. Namun jika Anda ingin agar istri Anda segera menghentikan omelannya, gunakan humor. Ambil cermin dan arahkan ke wajah istri Anda sehingga ia dapat melihat ekspresi wajahnya sat mengomel atau lakukan hal-hal lucu untuk meredakan omelannya. Lebih baik lagi jika Anda segera memuji gaya rambutnya yang baru atau gaun yang ia kenakan ketika Anda melihat istri Anda akan kembali mengomel. Istri Anda akan terkejut dengan tindakan Anda karena ia mengharapkan Anda akan bersikap bertahan atau diam terhadap omelannya. Hal ini bisa berhasil untuk menghentikan omelan panjang lebar dan tajam dari istri Anda dan membawanya kembali untuk melihat segala sesuatu dalam perspektifnya.

Luangkan Waktu Bersama

Mengomel biasanya menjadi cara bagi seorang wanita untuk mengutarakan masalah dan memperjelas isu-isu yang jika dibiarkan terkubur dan mendidih, bisa menghancurkan sebuah hubungan. Namun tak seorangpun suka jika terus-menerus diingatkan tentang apa yang dia lakukan atau tidak lakukan satu juta kali dalam sehari. Untuk mencegah hal ini, luangkan waktu dengan istri Anda dimana Anda dapat membicarakan isu-isu yang ada di dalam pernikahan Anda. Lakukan hal ini secara teratur pada saat Anda tidak terganggu dengan kehadiran anak-anak maupun panggilan kantor. Bahkan jika Anda tidak memiliki masalah rumah tangga untuk diselesaikan, gunakan kebersamaan ini sebagai cara untuk terhubung satu sama lain.

Memahami keprihatinan istri Anda dapat membuat Anda lebih dapat memahami omelan yang dilontarkan istri Anda. Yang penting bagi Anda adalah memotivasi istri Anda untuk mengekspresikan keinginannya dengan cara yang lebih dewasa dan pada saat yang sama menyadari perubahan positif yang ingin disampaikannya kepada Anda. Hal ini tidak hanya akan membuat istri Anda merasa bahwa keprihatinannya didengarkan tetapi juga akan memungkinkan Anda untuk menikmati pernikahan yang bebas omelan.

Sumber : futurescopes.com/jawaban.com

Comments

No responses to “Tips Ampuh Menghadapi Istri Bawel”

Poskan Komentar