Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

7 Sebab mengapa Anak Tidak Suka Sekolah

Jika anak Anda tidak menyukai sekolahnya saat ini, sebaiknya Anda mengetahui 7 alasan teratas kenapa anak tidak suka dengan sekolah:

1. Anak Tidak Dapat Melihat Gunanya

Ini bukanlah soal aspek dari tugas-tugas yang mereka terima di sekolah, tapi mereka tidak dapat melihat tujuan dan alasan kenapa mereka harus sekolah. Sebagai orangtua, seringkali kita miskin kata-kata dan teladan untuk memberikan pengertian kepada anak kita akan pentingnya sekolah. Kebanyakan orangtua hanya berkata, "Kamu harus sekolah agar dapat memiliki masa depan yang lebih baik." Padahal di depan mata mereka melihat banyak orang yang bisa sukses tanpa harus mengecap pendidikan formal. Orangtua perlu menunjukkan kepada anak-anak mereka bahwa sekolah adalah tentang satu hal - senang untuk selalu belajar.

2. Bosan

Ancaman terbesar dari pendidikan bagi anak-anak Anda adalah kebosanan. Orangtua sebaiknya harus mencoba agar anak-anak juga senang belajar di rumah. Tanyakan pada diri Anda sendiri, "Apakah rumah telah menjadi tempat belajar yang memiliki nilai bagi anak-anakku?"

3. Kelelahan

Anak-anak perlu untuk mendapatkan tidur yang cukup di malam hari. Pastikan anak-anak Anda mendapatkan tidur yang cukup dengan jadwal yang teratur.

4. Merasa Terintimidasi

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengantarkan anak-anak Anda ke sekolah pada hari pertama mereka, bahkan untuk anak Anda yang sudah SMA. Libatkan diri Anda secara langsung dengan anak-anak Anda dan tanyakan bagaimana perasaan mereka menghadapi hari pertama sekolah.

5. Berada Di Sekolah Yang Salah

Mencari dan mendapatkan sekolah yang tepat adalah penting bagi anak-anak Anda. Jadi, jika anak-anak Anda merasa sekolah lain mungkin lebih baik, perhatikanlah permintaan anak Anda. Tanyakan alasan-alasannya. Penting juga bagi Anda untuk mengenal para guru dan membuat pertemuan orangtua murid menjadi sebuah prioritas.

6. Bagi Anak-Anak Anda, Tugas Sekolah Sepertinya Tidak Akan Pernah Berakhir

Anak-anak sekarang memang menerima banyak pekerjaan rumah dari sekolah. Perhatikan minat anak-anak Anda di sekolah dan pastikan mereka tidak terlalu dibebani dengan pekerjaan rumah yang justru bisa membuat mereka berhenti untuk mencintai belajar.

7. Anak Anda Merasa Kurang Mendapat Dukungan

Jalin komunikasi dengan anak Anda mengenai aktivitas apa saja yang mereka lakukan di sekolah, dan ciptakan suasana belajar yang menyenangkan dalam aktivitas keluarga Anda.

Bagi anak-anak Anda, sekolah terkadang bukan menjadi hal yang menyenangkan untuk dijalani setiap hari. Oleh karena itu sebagai orangtua, kita harus senantiasa menekankan kepada anak-anak kita pentingnya untuk mencintai segala hal yang bisa ia pelajari dalam kehidupan ini.

Sumber : saidaonline / www.jawaban.com

Comments

No responses to “7 Sebab mengapa Anak Tidak Suka Sekolah”

Poskan Komentar