Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Bijaksana Dalam Mengatur Keuangan

Uang memang tidak dapat membelikan kita kebahagiaan. Tetapi jika kita teledor menangani uang kita pun, bisa-bisa malah mendatangkan malapetaka. Ya, uang Anda sedikit banyak pasti memberikan kontribusi untuk kebahagiaan Anda juga. Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana mengatur uang, tagihan-tagihan, pengeluaran harian, dan kebutuhan tak terduga. Jangan sampai di akhir bulan Anda justru panik karena uang Anda sudah habis sebelum waktunya.

Cobalah ikuti langkah panduang berikut dalam mengatur keuangan pribadi Anda, dalam waktu singkat bisa membantu Anda merasa lebih bertanggung-jawab terhadap keuangan Anda:

1. Periksa pembukuan Anda
Ini termasuk bagian yang sulit, terutama bagi Anda yang suka berfoya-foya. Tetapi dengan mengetahui keadaan keuangan lewat catatan keluar-masuknya uang Anda sangat berguna dan biasanya bisa menolong Anda agar tidak lebih besar pasak daripada tiang.

Pembukuan haruslah menjadi kebiasaan. Solusi terbaik adalah menuliskan berapa uang Anda yang masuk dan keluar di buku catatan khusus atau di lembar kerja Excel. Anda bisa membagi-bagikan pencatatan Anda ke berbagai kategori, misalkan belanja, makanan, bensin, hiburan, kebutuhan mendadak, atau tagihan listrik/air/telepon/kost. Tetapi jika karena kesibukan tidak mungkin dilakukan setiap hari, maka cara terbaik adalah memeriksa rekening Anda setiap minggu, jadi Anda bisa mengetahui dengan pasti berapa yang telah Anda belanjakan.

2. Bayar bulanan dengan efektif dan efisien
Jika ada fasilitas direct debit di awal bulan, ini lebih baik, karena begitu Anda menerima gaji, tak berapa lama lagi bank akan memotong sejumlah uang untuk melunasi kewajiban bulanan Anda, sehingga Anda dapat mengetahui berapa uang tersisa. Dengan cara ini, Anda tak perlu kelabakan mencari dana yang besar ketika tenggat waktu pembayaran sudah jatuh tempo.

3. Lakukan budgeting
Hitung pengeluaran rutin Anda tiap bulan (tagihan, pajak, asuransi, cicilan kredit, dan lain-lain) lalu perkirakan pengeluaran harian yang biasa dikeluarkan. Jumlah semua angkanya, dan jangan lupa memakai perhitungan ‘terburuk' atau ‘terboros' untuk mengantisipasi kebutuhan mendadak. Angka dari budgeting ini bisa menjadi patokan bulanan Anda, dan yakinkan memang tersedia dari gaji Anda.

4. Jangan tunda pembayaran
Dari budgeting yang telah Anda lakukan, Anda sudah mengetahui pengeluaran rutin Anda tiap bulannya, usahakan agar Anda tak pernah menunda pembayaran cicilannya. Jika itu yang Anda lakukan, alih-alih Anda bisa lupa membayarnya sama sekali. Akibatnya, Anda bisa terkena denda atau kehilangan servis yang seharusnya bisa Anda nikmati.

5. Jangan beli kredit
Banyak orang menyesal karena terburu-buru membeli sesuatu karena kredit, padahal mereka tak begitu membutuhkannya atau tak mampu membayarnya. Kartu kredit memiliki bunga yang cukup tinggi, begitu juga kredit yang diberikan toko. Lupakanlah membeli kredit. Lebih baik Anda menabung sampai uang Anda terkumpul, barulah lakukan pembelian.

Sumber : hanyawanita.com/Tmy/www.jawaban.com

Comments

2 Responses to “Bijaksana Dalam Mengatur Keuangan”

Hasan Malek mengatakan...
9 Januari 2015 18.06

Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi dari perusahaan yang dapat diandalkan pinjaman, Persetujuan Instan, Tidak ada jaminan, Low tarif, maka perusahaan pinjaman Hasan adalah tempat yang tepat, kami menyediakan semua jenis pinjaman sebesar 2%. Jika Anda tertarik, Anda dapat menghubungi kami melalui email di: hasanloancompany@gmail.com
salam,
Pak Hasan M

Setiabudi Ahmed mengatakan...
14 Mei 2015 09.56

Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 40 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
Terima kasih.

Poskan Komentar