Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Persiapan Untuk Sukses Psikotest

Dalam proses perekrutan di dunia kerja, ada dikenal dengan nama psikotest. Biasanya perusahaan skala besar saja yang akan menggunakan metode ini untuk perekrutan karyawan baru. Untuk perusahaan skala kecil dan menengah biasanya hanya proses wawancara saja.

Psikotest adalah salah satu ‘Tool’ yang berfungsi untuk menggali dan memprediksi kemampuan dan kepribadian pelamar yang dapat menunjang keberhasilan seseorang dalam pekerjaan.

Kemudian bagi kita yang baru pertama kali terjun ke dunia kerja tentunya pasti binggung psikotest itu test macam apa sih? Ada beberapa macam psikotest yang lazim digunakan perusahaan-persahaan diantaranya adalah:

1. Analogi verbal, gunanya untuk mengetahui pemahaman pelamar terhadap hubungan antar kata.  Dampak positifnya adalah pemahaman terhadap suatu masalah. Contoh bisa dilihat di kolom lowongan

2. Kemampuan kuantitatif, gunanya untuk mengukur tingkat kecerdasan, kecermatan, sekaligus ketelitian seseorang, dalam memandang permasalahan secara terpadu (terintegrasi), sistematis, dan menyeluruh dari berbagai arah/sudut/segi/sisi. Contoh bisa dilihat di kolom lowongan

3. Kemampuan teknikal, gunanya untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan kuantitatif dan logika analisis dalam bidang teknik secara umum. Contoh bisa dilihat di kolom lowongan

4. Kemampuan penalaran analitik, gunanya untuk mengukur kemampuan membaca, mencerna, menganalisis, dan menarik kesimpulan logis dan metodis terhadap informasi yang diberikan. Dalam dunia kerja sangat diperlukan kemampuan tersebut. Contoh bisa dilihat di kolom lowongan

Lalu bagaimana supaya kita bisa siap dalam menghadapi psikotest yang biasanya berlangsung selama berjam-jam tanpa mengurangi sedikitpun tingkat konsentrasi kita ketika sedang mengerjakan soal-soal psikotest tersebut.

Berikut ini beberapa tips yang mungkin bermanfaat buat yang akan melakukan psikotest.

Berikut ini persiapan SEBELUM melakukan psikotest:

Jangan tidur terlalu malam

Pastikan bahwa malam sebelumnya janganlah tidur terlalu malam. Karena jika kita kurang tidur maka tingkat konsentrasi kita akan menurun drastis, ditambah lagi rasa kantuk yang pasti sering menganggu ketika mengerjakan soal psikotest. Tentu saja kamu ingin lulus ujian psikotest kan? Dan tidak mau hal sepele seperti ini menghambat langkahmu.

Tidak perlu belajar layaknya akan menghadapi ujian

Kamu tidak perlu belajar layaknya menghadapi ujian semester atau semacamnya, karena psikotest bukan ujian yang harus mendapatkan nilai bagus. Psikotest digunakan sebagai referensi para perusahaan untuk menilai apakah pelamar memang pantas untuk diterima dan lolos ke tahap seleksi selanjutnya.

Jangan terlambat

Usahakan untuk tiba dilokasi tempat melakukan psikotest paling tidak 15 menit sebelum dimulai, supaya kamu bisa melakukan berbagai persiapan lainnya. Lagipula jika kamu telat maka sudah menjadi nilai negatif bagi perusahaan dalam melakukan penilaian terhadap dirimu.

Jangan makan/minum terlalu banyak

Usahakan secukupnya saja di pagi hari karena psikotest berjalan cukup panjang dan biasanya akan ada sesi istirahat dimana kamu bisa makan/minum jika diperlukan. Kamu tidak mau kan tiba-tiba ditengah mengerjakan psikotest nature call memanggil.

Berikut ini persiapan MENJELANG psikotest:

Cari tempat duduk yang nyaman

Pastikan kamu mendapatkan tempat duduk yang cukup nyaman. Biasanya ada tempat duduk yang sudah cukup uzur sehingga busanya sudah tipis dan bisa membuat bokong kamu sakit jika duduk lama-lama. Maka dari itu tempat duduk harus nyaman dan tidak boleh menjadi penghalang atau menganggu konsentrasi kamu. Selain itu usahakan posisinya jangan terlalu dekat dengan AC atau posisinya terkena semprotan angin AC jika kamu memang tidak tahan dingin.

Siapkan semua alat tulis di atas meja

Pastikan semua kebutuhan psikotest terutama alat tulis sudah lengkap kamu miliki. Jangan sampai ditengah-tengah sesi psikotest kamu kehabisan tinta pulpen atau ketinggalan penghapus dan lain sebagainya.

Jangan ragu untuk bertanya

Jika ada yang tidak dimengerti mengenai soal psikotest, jangan sungkan dan ragu untuk menanyakan kepada penjaga. Diam bukan berarti emas. Pastikan semua soal dimengerti dengan jelas sehingga kamu juga tidak ragu dalam mengerjakan soal psikotest tersebut.

Jangan mencontek

Hilangkan semua kebiasaan ketika berada di kampus atau sekolah dahulu. Mencotek hasil psikotest orang lain selain merugikan dirimu sendiri, juga membohongi diri sendiri. Mengapa? Karena kamu tidak yakin terhadap kemampuan diri sendiri sampai-sampai harus mencontek hasil psikotest orang lain. Juga tidak perlu menyiapkan contekan dari rumah, karena belum tentu soal psikotest yang kamu punya sama dengan soal psikotest yang akan kamu hadapi.

Selesaikan semua soal dalam jangka waktu yang ditentukan

Pastikan kamu selesaikan semua soal psikotest dalam jangka waktu yang ditentukan oleh penjaga. Pejamkan mata, tarik nafas yang dalam, konsentrasi dan mulai mengerjakan semua soal. Mudah-mudahan dengan begitu semua soal bisa selesai tepat waktu tanpa ada masalah yang berarti.

Semoga berhasil!

Sumber : twentea.com

Comments

One response to “Persiapan Untuk Sukses Psikotest”

Setiabudi Ahmed mengatakan...
14 Mei 2015 09.54

Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 40 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
Terima kasih.

Poskan Komentar