Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Kenali Gejala Stress Pada Anak

Dunia anak identik dengan dunia yang penuh dengan warna, keceriaan dan bermain. Namun tidak sedikit anak-anak mengalami hal yang sering dialami oleh orang dewasa. Tetapi bedanya mereka belum mengerti akan hal itu dan tidak tahu bagaimana menghadapinya.

Stres pada anak terjadi karena berbagai macam faktor. Beberapa penyebab yang mungkin menjadi penyebabnya adalah kegagalan dalam mencapai prestasi, tekanan dari orangtua, perceraian orangtua dan bahkan kehilangan orang yang mereka sayangi.

Untuk anak pada usia balita belum mengerti mengekspresikan rasa stres mereka. Yang dapat mereka lakukan hanyalah menangis. Orangtua harus sangat peka dengan perubahan yang dialami oleh si kecil. Dengan mengetahui apa penyebabnya, orangtua dapat dengan segera mengatasi hal tersebut.

Salah satu penyebab adalah saat masuk sekolah pertama kali. Hal ini bisa menjadi hal yang baru dan membuat anak menjadi stres. Mereka harus berhadapan dengan teman, guru dan aturan baru di sekolah. Untuk awal sekolah mungkin orangtua bisa menemani sang buah hati dan memastikan tidak terjadi apa-apa pada dirinya. Dengan adanya ibu, mungkin si kecil akan merasa lebih tenang.

Untuk anak yang lebih besar lagi, tekanan dapat terjadi karena mereka tidak diterima oleh teman-temannya atau nilai mereka yang lebih rendah dibandingkan teman-temannya. Orangtua harus memastikan bahwa mereka mendapat perhatian dan pengajaran yang cukup dirumah. Dan yang terpenting, adalah pada saat seperti itu, Anda harus datang kepadanya sebagai penghibur dan penenang. Bukan malah menambah bebannya dengan memarahinya.

Bila Anda melihat anak Anda pada anak usia balita dan SD sudah mulai menunjukkan pertanda aneh seperti sulit tidur, menurunnya napsu makan, gagap, sakit perut, sakit kepala, dan mimpi buruk, lebih sering mengompol, sering berteriak, agresif, gemetar, berkelahi, mengemut jempol, atau sakit perut. Mungkin Anda harus cepat mengambil tindakan.

Pada anak yang sudah memasuki usia remaja biasanya stres terjadi karena pergaulan yang ada. Proses penyesuaian diri dengan pergaulan bisa membuat mereka tidak nyaman. Pada masa ini, remaja yang stres akan cenderung menjadi bad mood, sakit kepala, atau bahkan mengganggu aktivitas sekolah.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal ini Anda bisa menolong anak Anda dengan cara menyarankan anak untuk istirahat yang cukup supaya ia tetap dalam kondisi yang prima untuk melakukan aktivitasnya. Berikan nutrisi yang cukup dalam masa pertumbuhannya. Hal ini bisa melancarkan fungsi otak.

Waktu Anda sangatlah berharga. Bukan untuk mengerjakan pekerjaan Anda saja, namun waktu dengan anak adalah bagian yang tidak kalah pentingnya. Anak-anak selalu membutuhkan waktu Anda. Berikanlah waktu yang berkualitas untuk anak Anda, bukan sisa waktu ketika Anda sudah mulai lelah sepulang dari kantor.

Persiapkan anak Anda untuk menghadapi hal-hal yang tidak terduga. Misalnya kelahiran adik. Selalu mendukung anak bila ia melakukan sesuatu yang positif. Tidak perlu melarang dan bahkan memaksakan anak untuk melakukan sesuatu yang ia tidak sukai. Hal ini akan membawa ia dalam tekanan.

Waktu bermain dan santai sangat diperlukan untuk anak. Ajarkan juga anak untuk selalu tersenyum. Dan yang paling penting adalah Anda harus menjadi contoh yang baik untuk anak Anda. Semua hal yang Anda lakukan adalah hal yang sangat mudah ditiru oleh anak Anda. Pastikan Anda memberikan contoh yang baik dan positif supaya mereka juga melakukan hal yang baik dan positif juga.

Sumber : berbagai sumber/agn/www.jawaban.com

Comments

2 Responses to “Kenali Gejala Stress Pada Anak”

Hasan Malek mengatakan...
9 Januari 2015 18.06

Apakah Anda membutuhkan pinjaman pribadi dari perusahaan yang dapat diandalkan pinjaman, Persetujuan Instan, Tidak ada jaminan, Low tarif, maka perusahaan pinjaman Hasan adalah tempat yang tepat, kami menyediakan semua jenis pinjaman sebesar 2%. Jika Anda tertarik, Anda dapat menghubungi kami melalui email di: hasanloancompany@gmail.com
salam,
Pak Hasan M

Setiabudi Ahmed mengatakan...
14 Mei 2015 09.57

Halo, nama saya Setiabudi, seorang korban penipuan di tangan pemberi pinjaman, saya telah penipuan semua paling 13 juta karena saya membutuhkan pinjaman modal besar 40 juta, saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi, bisnis saya adalah hancur dalam proses yang saya kehilangan anak saya. saya tidak dapat berdiri lagi. semua hal ini terjadi Desember 2014, sampai saya mearnt seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik ibu Alexandra yang akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di perusahaannya, ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, Semoga Tuhan terus memberkati Anda, saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk menyarankan sesama Indonesia, bahwa ada banyak penipuan di luar sana, jika Anda membutuhkan pinjaman dan pinjaman yang dijamin hanya cepat mendaftar melalui Ibu Alexandra melalui email perusahaan: alexandraestherloanltd@gmail.com atau alexandraestherfastservice@cash4u.com, Anda dapat menghubungi saya melalui email ini; setiabudialmed@gmail.com untuk informasi yang perlu Anda ketahui. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
Terima kasih.

Poskan Komentar