Translate

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sebab Dia adalah Tuhan kekuatanku, bersama-Nya ku takkan goyah

Tips Untuk Tidak Terjerumus Lembah Hutang

Setiap orang pasti pernah mengalami posisi berhutang. Apalagi jika Anda sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri. Menahan diri untuk tidak membeli barang-barang yang hanya sekedar keinginan dan bukan merupakan kebutuhan pokok seringkali susah untuk ditahan. Apalagi dengan segala macam fasilitas yang tersedia di zaman ini yang memungkinkan Anda untuk memperoleh barang terlebih dahulu dan membayar kemudian. Tawaran kartu kredit dan KTA (Kredit Tanpa Agunan) membanjir dan menjerat banyak orang masuk ke dalam hutang yang lebih besar lagi.

Semua hutang pasti akan menjadi sebuah beban. Apalagi jika hutang yang ada sudah melebihi pemasukan Anda. Jerat hutang itu bagaikan tali yang mengikat di leher dan siap membunuh Anda kapan saja. Tapi jangan pernah menyerah. Berikut beberapa tips khusus bagi Anda yang sudah terjerumus ke dalam lembah hutang yang menakutkan dan sangat mengekang sehingga Anda pun kesulitan untuk menabung bagi masa depan Anda dan keluarga.

Jangan Menambah Hutang Lagi

Jangan pernah memakai prinsip gali lubang tutup lubang, yaitu dengan meminjam uang untuk membayar hutang. Hal itu dijamin tidak akan menyelesaikan masalah Anda, malah justru akan menambah beban hutang Anda. Berhenti berhutang dan rekap semua hutang-hutang Anda dari yang paling kecil sampai yang paling besar jumlahnya, dari yang sudah hampir lunas sampai hutang yang baru saja Anda ambil. Simpan kartu kredit Anda dan jangan pernah gunakan lagi. Jangan pernah berpikir untuk memenuhi obsesi Anda selagi hutang masih menumpuk.

Buat Dana Darurat

Setelah mencatat semua hutang Anda, sekarang catatlah semua penghasilan Anda baik dari gaji, usaha sampingan, dan lain sebagainya. Sisihkan 10-20% dari penghasilan Anda sebagai dana darurat untuk keperluan Anda yang mendadak.

Serang Hutang Anda

Setelah mencatat seluruh jumlah hutang dan penghasilan yang Anda terima, gunakan kedua hal tersebut untuk menyerang semua hutang Anda. Ada sebuah metode pembayaran hutang yang bisa Anda coba. Metode ini disebut dengan Debt Snowball. Beberapa tahap yang harus dilakukanu ntuk menjalankan metode ini:

  1. Urutkan hutang dari yang paling kecil sampai yang paling besar jumlahnya.
  2. Tentulan jumlah batasan dana yang Anda gunakan untuk membayar hutang dalam 1 bulan.
  3. Bayarlah semua hutang Anda sesuai pembayaran minimal KECUALI hutang yang paling kecil jumlahnya.
  4. Gunakan sisa dari batasan dana yang Anda siapkan dalam pembayaran hutang untuk membayar hutang yang paling kecil.
  5. Ketika salah satu hutang Anda lunas, jangan kurangi jatah pembayaran hutang yang telah Anda tetapkan semenjak awal. Tetapi ulangi pembayaran utang selanjutnya seperti tahapan di atas untuk jumlah hutang yang paling kecil.

Metode ini sangat efektif untuk Anda lakukan, Jadi, jika Anda sudah gerah dengan hutang Anda yang cukup banyak dan ingin cepat-cepat melunasinya, Anda bisa mencoba untuk menggunakan metode ini. Yang pasti KEINGINAN dan NIATAN untuk melunasi hutang Anda tetap menjadi aspek yang sangat penting bagi keberhasilan Anda untuk keluar dari jerat hutang.

Sumber : twentea.com / jawaban.com

Comments

No responses to “Tips Untuk Tidak Terjerumus Lembah Hutang”

Poskan Komentar